CPNS Di Kab.Kulon Progo Ikut Serta Sebagai Relawan Vaksinasi Covid-19

Dikirim oleh mcharry pada 23 Agustus 2021 16:03:06 dibaca 804 kali

Pengasih – Salah satu bentuk dukungan Pemerintah Kabupaten Kulon Progo mengenai percepatan program vaksinasi direalisasikan, Pemkab Kulon Progo melalui Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kulon Progo menugaskan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk turun tangan membantu tenaga kesehatan dalam program vaksinasi yang dilaksanakan selama dua hari pada 21 dan 22 Agutsus 2021, di Taman Budaya Kulon Progo (TBK).

Pelaksanaan kegiatan ini juga merupakan salah satu bentuk realiasasi imbauan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Indonesia, Tjahjo Kumolo, bahwa Aparatur Sipil Negara (ASN) saat ini juga harus berperan aktif di masyarakat untuk melangsungkan program dan melakukan percepatan penanganan Covid-19, salah satunya adalah menjadi relawan vaksinasi Covid-19. 

Pelaksanaan program ini berdasar dari surat perintah tugas BKPP Kulon Progo Nomor : 800 / 0624 yang memerintahkan kepada seluruh CPNS di Kabupaten Kulon Progo untuk melaksanakan tugas sebagai relawan petugas screening vaksinasi massal. Program vaksinasi ini ditargetkan dalam sehari dapat mencapai target 3000 dosis suntikan sehingga ditargetkan dalam 2 hari dapat mencapai 6000 dosis suntikan vaksin.

Kepala Bidang Perencanaan Pengembangan Pendidikan dan Pelatihan Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kulon Progo, Raden Trusta Hendraswara, S.S, M.Si. mengatakan pembagian pelaksanaan vaksinasi di TBK dilaksanakan pada Sabtu dan Minggu (21/22).

“Untuk jumlah CPNS yang diperbantukan pada Sabtu itu ada 40 orang yang membackup, kemudian pada Minggu itu ada 34 orang,” ujarnya.

Trusta juga menambahkan bahwa pelaksanaan vaksinasi ini bersamaan dengan Pelatihan Dasar (Latsar) CPNS 2021 sehingga bagi yang sedang melaksanakan latsar tidak akan dipilih untuk menjadi relawan vaksinasi. Disamping itu ia menjelaskan bahwa dalam pemilihan relawan vaksinasi pihaknya lebih mengutamakan laki-laki dengan syarat siap dan sehat. 

Sementara itu, Nur Akhwan, S.Kom salah satu CPNS relawan tenaga vaksinasi dari Dinas Komunikasi dan Informatika Kulon Progo melalui wawancara khusus menjelaskan, kami membantu mencatat data peserta dan membantu mengarahkan peserta sesuai alur vaksinasi.

“Targetnya itu masyarakat umum yang belum tercover vaksinasi agar sebaran vaksinasi bisa menjangkau seluruh masyarakat di Kulon Progo,” ujarnya

Selaku relawan, ia menanggapi bahwa pemberdayaan CPNS sebagai perbantuan vaksinasi ini baik untuk melatih pelayanan langsung dan berhadapan kepada masyarakat.

Adapun proses pelaksanaan vaksinasi adalah dengan datang ke TBK membawa identitas atau surat domisili lalu mengisi formulir, kemudian screening tensi dan suhu, screening riwayat kesehatan, selanjutnya proses penyuntikan, observasi, dan terakhir adalah pemberian sertifikat vaksin. IKPS/Humas

KULON PROGO CUACA

Statistik

Online Sekarang22
Unique Visitor Hari Ini414
Unique Visitor Bulan Ini49863
Hits Hari Ini1449
Hits Bulan Ini172792

Pengadaan Barang & Jasa

Pelayanan Informasi PPID Pembantu



GOVERNMENT PUBLIC RELATIONS

Diskominfo KP - X

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kulon Progo
Alamat: Jl. Tamtama, No.3 Wates, Kulon Progo 55611, Telp: Telp./ Fax (0274) 773272
Email: kominfo@kulonprogokab.go.id