Pokja Ibu Paud Kulon Progo Periode 2021 - 2025 Resmi Dikukuhkan

Wates – Dra. Sri Wahyu Widati selaku Ibu Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kabupaten Kulon Progo mengukuhan Kelompok Kerja (Pokja) Ibu Paud Kulon Progo masa bakti 2021 - 2025. Kegiatan tersebut diselenggarakan di gedung Sadewa Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kulon Progo, pada Kamis (19/8/2021) dan dihadiri oleh seluruh tim pokja dari OPD Kulon Progo.

Dalam sambutannya, Ibu Paud Kulon Progo Sri Wahyu Widati mengatakan bahwa Pokja PAUD Kulon Progo berupaya mendukung program PAUD Holistik Integratif Berkarakter dan Berbudaya sesuai dengan arahan pokja PAUD Daerah Istimewa Yogyakarta.

PAUD Holistik Integratif merupakan pengembangan layanan anak usia dini secara utuh serta menyeluruh yang mencakup layanan gizi, kesehatan, pendidikan, pengasuhan, dan perlindungan, guna mengoptimalkan semua aspek perkembangan anak yang dilakukan secara terpadu. Sedangkan maksud dari Program PAUD Berkarakter dan Berbudaya adalah sistem mendidik anak yang sesuai tatakrama dan berbudi pekeri, serta menjiwai budaya kemataraman Yogyakarta.

“PAUD adalah generasi emas yang dimana perkembangan otaknya mencapai 50% sampai dengan 8 tahun. Di usia emas ini lah anak akan kita didik, akan kita beri nutrisi, gizi, sehingga anak tumbuh berkembang dengan harapan kita bahwa anak Indonesia ini akan sehat cerdas, ceria” ujar Sri Wahyu Widati

Dirinya berharap pokja Ibu PAUD Kulon Progo dapat saling merangkul dengan seluruh komponen masyarakat agar dapat mempersiapkan anak-anak sebagai generasi penerus dapat membawa Kabupaten Kulon Progo lebih sejahtera.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Kulon Progo Eko Teguh Santosa, S.Pd mengatakan Pendidikan itu bukan mutlak tanggung jawab lembaga pendidikan atau satuan pendidikan,

“Pendidikan merupakan tanggung jawab bersama dari keluarga, masyarakat, dan Pemerintah, maka dari itu walaupun PAUD lahir dari dan oleh masyarakat, tapi harus disinergikan semuanya dengan semua lembaga di kabupaten Kulon Progo,” jelasnya.

Ia menambahkan bahwa program PADU Holistik Integratif tersebut tidak hanya berfokus pada pola pikir dan keterampilam anak yang dikembangkan, namun juga termasuk gizi, lingkungan, dan pola asuh orang tua agar semua terlibat, bergandengan tangan, serta paham untuk menumbuhkan pola mendidik anak-anak yang lebih baik.

Pengukuhan pokja ini melibatkan berbagai OPD dari berbagai macam bidang, adapun bidang tersebut adalah bidang Humas dan Kerja sama, bidang kesehatan dan fisik, bidang sosial budaya, bidang pendidikan, bidang ekonomi. Pengukuhan Pokja Ibu Paud Kulon Progo tersebut diwakili oleh Ketua pokja Erna Novitaningrum, Wakil ketua pokja Dra. Maryati, dan Bendahara 2 Sumiyati S. IP. MC Kab.Kulon Progo/Rizki