Target 500 pelaku UMKM, Kadin DIY Gelar Vaksinasi di Kulon Progo

Wates - Sebanyak 500 pelaku UMKM di Kulon Progo ditargetkan mengikuti vaksinasi pada Kamis (5/8/2021) di Taman Budaya Kulon Progo. Vaksinasi ini diinisiasi oleh Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Daerah Istimewa Yogyakarta bekerjasama dengan Kadin Kulon Progo, Dinas Koperasi dan UKM Kulon Progo serta Hippindo sebagai penyuplai vaksin.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kulon Progo, Dra. Sri Harmintarti, MM. Vaksinasi tahap pertama yang dilakukan menggunakan vaksin berjenis Sinovac yang merupakan kali pertama untuk pelaku UMKM se-Kulon Progo. Oleh karena itu masih akan dilakukan penyuntikan vaksin dosis kedua pada awal September.

"Diharapkan dengan vaksinasi ini akan terciptanya herd immunity, terutama untuk pelaku UMKM. Namun setelah vaksin agar tetap menaati protokol kesehatan dan aturan 5M." Ujarnya

Sementara itu, Bupati Kulon Progo yang diwakililkan oleh staff ahli bidang kemasyarakatan dan SDM Bambang Sutrisno, S.Sos berujar sangat mengapresiasi langkah-langkah dari Kadin DIY dan Kulon Progo serta Dinas Koperasi dan UKM Kulon Progo yang menginisiasi dalam kegiatan vaksinasi dengan melihat antusiasme masyarakat yang luar biasa diharapkan dapat meningkatkan kondisi ekonomi akibat meningkatnya kekebalan imun setelah dilakukannya vaksin.

Dalam kesempatan yang sama, Kadin Kulon Progo, Ki Kuswadi ST dalam kegiatan mengatakan bahwa, saat ini terdapat 500 UMKM yang terdaftar di Dinas koperasi Kulon Progo. Kedepan kami berharap asosiasi yang lain mengadakan vaksinasi massal seperti ini agar herd immunity di Kulon Progo dapat tercapai.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Wakil Kadin DIY, Wawan Hermawan juga menyampaikan apabila herd immunitiy khususnya di Kulon Progo bisa tercapai maka diharapkan perekonomian juga akan bangkit.

"Harapannya supaya bisa mengurangi peningkatan kasus Covid-19 yang terus bertambah, ini juga sangat membantu bagi pelaku UMKM yang kesulitan memperoleh kesempatan vaksinasi" kata Dwi Rahayu Kurniasih dari UMKM KSP Mutia selaku peserta vaksinasi, pungkasnya.

Selain itu, demi kelancaran dan keamanan, Polsek, Koramil, dan Satpoll PP turut berkontribusi dalam kegiatan vaksinasi ini. Sesuai dengan protokol kesehatan (Prokes) yang ketat, yaitu dengan menjaga jarak anatara kursi satu dengan lainnya. Serta disediakanya tempat untuk cuci tangan. MC Kab.Kulon Progo/Rafi/Risma/Hry/humas