Digital Enterpreneurship Bagi Koperasi dan UMKM

Wates – Kementrian Kominfo Pusat dan Daerah serta unsur terkait kembali melaksanakan kegiatan Webinar. Kali ini Narasumber yang hadir, yaitu  Kepala Dinas Komunikasi dan informatika (Diskominfo) Kabupaten Kulon Progo Drs. Rudiyatno, M.M., Dra, Sri Hamintarti, M.M.,  dari Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Kulon Progo dan Staf Ahli Bupati, Bambang Sutrisno, S.Sos selaku Keynote Speaker.

Kegiatan literasi digital yang dilaksanakan pada Kamis (21/7/2021) mengambil tema : "Digital Enterpreneurship Bagi Koperasi dan UMKM” yang diselenggarakan oleh siberkreasi.jatengdiy. Acara ini diselenggarakan secara virtual melalui zoom meeting dalam rangka memperingati HUT Koperasi ke 74, di Command Room Dinas Kabupaten Kulon Progo.

Pada kesempatan ini Kepala Diskominfo Kabupaten Kulon Progo, Drs. Rudiyatno, M.M., menyampaikan perihal etika yang harus dipahami pada literasi digital.

“Etika digital adalah kemampuan individu dalam menyadari, mencontohkan, menyesuailan diri merasionalkan, mempertimbangkan dan mengembangkan tata kelola etika digital dalam kehidupan sehari hari, pada prinsipnya secara praktis bagimana kita beretika, berkomunikasi di dunia maya,” terang Rudi.

Menurut Bambang Sutrisno, sesuai dengan tema webinar kali ini, tentang bagaimana koperasi serta UMKM bisa dimaknai sebagai usaha yang dapat bermanfaat dan memberikan nilai positif bagi pelaku koperasi dan UMKM maupun masyarakat pada umumnya. Hal ini dimaksudkan agar pelaku koperasi dan UMKM yang ada di Kulon Progo mengerti bagiamana proses dari literasi digital saat ini.

“Digitalisasi ini harus dipahami oleh pelaku UMKM sebagai bagian dari perbaikan proses bisnis, tata kelola yang lebih akuntabel dan modernisasi pelayanan. Oleh sebab itu literasi digital sangat diperlukan oleh koperasi dan UMKM. Literasi digital pada dasarnya adalah praktek komunikasi, menjalin relasi berpikir dan akifitas lain yang berkaitan dengan media digital,” ujar Bambang Sutrisno.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Kulon Progo, Sri Harmintarti, mengatakan,  tujuan Dinas Koperasi dan UKM memberikan edukasi dan pendampingan ini agar Pelaku Usaha bisa memanfaatkan internet media digital ini dengan benar.

“Kecakapan digital ini tidak hanya soal kemampuan teknis menggunakan gawai, menggunakan HP Gadget dan mengakses internet untuk browsing kemudian media sosial, marketplace, game, atau yang lainnya, tetapi ini lebih dari itu. Kemudian kecakapan digital ini juga diartikan bahwa penggunaan internet secara baik aman, bertanggung jawab, bebas misinformasi dan disinformasi serta memerangi hoax, masyarakat dapat memanfaatkan internet untuk meningkatkan produktivitas, sehingga dapat memberi nilai tambah secara intelektualitas, sosial, kultural dan ekonomi” kata Sri Harmintarti.

Sri Harmintarti berharap dengan adanya literasi digital koperasi serta UMKM yang ada di Kulon Progo mampu bersaing pada ranah internasional, agar kehidupan prekonomiannya semakin maju dan berkembang.

Webinar ini juga menghadirkan beberapa narasumber lainnya seperti, Hernindya Wisnuadji  Inisator Sekolah Pengembangan SID Indonesia, Rika Fatimah P.L. S,T., M.Sc., Ph.D. Founder konseptor & Tenaga ahli Global Gotong Royong (G2R)  Tetrapeneur/Dosen senior FEB UGM, serta  Dalijo Angkring Praktisi Budaya Jogja.

(Dhiaz/IKPS/Kominfo)