Partisipasi Kabupaten Kulon Progo dalam Literasi Digital

Masyarakat yang melek digital adalah hal niscaya yang dibutuhkan untuk transformasi dan pertumbuhan ekonomi, agar dapat bersaing dengan negara-negara lain.

Selaras dengan upaya pemerintah menggalakan pembangunan infrastruktur TIK, penyiapan sumberdaya manusia juga dilakukan agar dapat menaikkan indeks literasi digital masyarakat.

Upaya literasi digital secara masif oleh Kemkominfo menargetkan 12,5 juta dilakukan pada 2021 hingga mencapai jumlah 50 juta pada 2025.

Strategi pembangunan nasional 2020-2024 menggarisbawahi pengarustamaan transformasi digital terdiri dari: aspek pemantapan ekosistem (supply), pemanfaatan (demand) dan pengelolaan big data. Output transformasi digital secara nasional juga mencakup empat sektor: digital government, digital society, digital economy, dan digital infrastructure. Selaras dengan target pemerintah yang dituangkan dalam RPJMN 2019-2024.

Untuk mengoptimalkan pembangunan infrastruktur TIK, Kementerian Komunikasi dan Informatika menargetkan 12,4 juta warga Indonesia makin cakap digital pada 2021.

Terkait hal ini, Kemkominfo menyusun Peta Jalan Digital 2021-2024, yang dibagi kedalam 4 aspek utama. yaknin : Infrastukur digital, ekonomi digital, masyarakat digital (digital society), dan tatakelola digital (digital governance). Rumusan ini disusun dengan pendekatan ekosistem yang penerapannya diharapkan secara komprehensif melalui sinergi lintas K/L (Pusat) dan Pemerintah Daerah, mencakup: 1) Percepatan pembangunan infrastruktur telekomunikasi;
2) Pengembangan teknologi pendukung;
3) Pengembangan SDM/talenta bidang digital;
4) dan, Penuntasan regulasi pendukung.

Sebagai tindak lanjut 5 (lima) point arahan Presiden tentang kerangka transformasi digital, dan juga Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional 2019-2024, Kementerian Komunikasi dan Informasi menempuh langkah upaya pendukung (enable factor) bagi transformasi digital yakni mewujudkan masyarakat Indonesia yang melek digital.

Ditargetkan sebanyak 12,4 juta orang akan melek dan cakap digital pada 2021 melalui Program Gerakan Nasional Literasi Digital yang menjadi bagian agenda Transformasi Digital Nasional.

Upaya ini juga sekaligus agar selaras dengan pembangunan infrastruktur digital yang digalakkan pemerintah.

PT. Debindomulti Adhiswasti yang merupakan penyelenggara Kegiatan Literasi Digital, menyelenggarakan program tersebut di 4 daerah besar di Indonesia salah satunya Daerah Istimewa Yogyakarta yang di dalamnya adalah Kabupaten Kulon Progo.

Hal ini bertujuan untuk melakukan kegiatan masif mendorong masyarakat menggunakan internet secara cerdas, positif, kreatif, dan produktif sehingga dapat meningkatkan kemampuan akal-pikirnya untuk mengidentifikasi hoaks serta mencegah terpapar dampak negatif penggunaan internet.

Hal tersebut terungkap saat audiensi antara Wakil Bupati Kulon Progo dengan Koordinator Wilayah Literasi Digital Kabupaten Kulon Progo beberapa waktu lalu, di ruang kerjanya.

Pelaksanaan kegiatan ini dilakukan selama 7 (tujuh) bulan yaitu sejak 24 Mei – 10 Desember 2021. Dengan target peserta di Kulon Progo sebanyak 16.180 dengan 27 total kegiatan, dan dilaksanakan 4 kali dalam sebulan.

Salah satu webinar yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat adalah Webinar “Digital Enterpreneurship Bagi Koperasi dan UMKM” yang diadakan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Koperasi yang ke 74.

Webinar ini dipandu oleh Eka Tura Johan dengan menghadirkan Wakil Bupati Kulon Progo, Fajar Gegana sebagai Keynote Speaker, Praktisi Budaya Jogja, Dalijo Angkring, sebagai Key Opinion Leader, Kepala Dinas Koperasi UKM Kabupaten Kulon Progo, Dra. Sri Harmintarti, MM., Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kulon Progo, Drs. Rudiyatno, M.M., Inisiator sekolah pengembangan SID Indonesia, Hernindya Wisnuadji, serta dosen senior FEB UGM, Rika Fatimah, P.L sebagai narasumber.

Webinar ini dilaksanakan pada hari Kamis, 22 juli 2021 pada pukul 13.00 WIB. Dengan link registrasi
https://s.id/litdigkulonprogo2207

Selain dapat ilmu seputar Era Digital, peserta juga akan mendapatkan e-certificate langsung dari Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, serta ada hadiah menarik untuk 20 orang yang beruntung. Silahkan daftarkan diri anda agar semakin cakap dalam memanfaatkan teknologi platform digital, lihai menemukan peluang-peluang baru yang bermanfaat dan mempersiapkan diri untuk Era Digital.

Selamat mengikuti Webinar Literasi Digital, dengan harapan semakin cerdas dan cakap digital.

(Nisa/IKPS/Kominfo)