Pendampingan PPID dalam Monev Keterbukaan Informasi Badan Publik Tahun 2021

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kulon Progo melalui seksi Pengelolaan Informasi Publik mengadakan Kegiatan Pendampingan PPID di Ruang Rapat Glagah Gedung Binangun I Lantai 2 Komplek Setda Kabupaten Kulon Progo pada Rabu, 23 Juni 2021 sampai dengan Selasa 29 Juni 2021.

Kegiatan ini dipimpin Kasi Pengelolaan Informasi Publik Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kulon Progo, Ir. Heri Budisantosa dan didampingi Petugas Layanan Informasi dan Dokumentasi (PLID) atau Admin PPID Utama, Programmer dan diikuti Petugas Layanan Informasi dan Dokumentasi (PLID) dari 42 OPD di Kabupaten Kulon Progo yang dilakukan secara bertahap yaitu 10 OPD per kegiatan.

"Pendampingan kita bagi dalam 5 (lima) tahap, dalam satu tahap kita undang 10-12 OPD (Dinas dan Kapanewon) dan hari terakhir kita undang 12 Kalurahan yang ditunjuk oleh Kapanewon untuk mengikuti Monev Badan Publik/PPID Desa/Kalurahan,,"
Ujar Heri Budi.

Lebih lanjut Heri Budi, menjelaskan maksud dan tujuan kegiatan ini adalah untuk lebih mempersiapkan diri dalam menghadapi Monev Badan Publik (BP) Tingkat Provinsi pada tahun ini.

Selain itu, Heri Budi juga menjelaskan, dengan adanya kegiatan ini PLID dari PPID Pembantu bisa menyampaikan langsung persoalannya dan dapat segera ditindakkanjuti, baik itu masalah pengisian SAQ, uji akses, konten website maupun kelengkapan lainnya yang menjadi syarat Monev.

“Mudah-mudahan dengan acara ini kita bisa mengurangi kendala-kendala yang ada dan bisa melengkapi dokumen-dokumen yang belum ada. Kalau misal Kominfo sebagai PPID utama tidak bisa menjawab tentunya kita akan koordinasi dan konsultasi dengan KID DIY, selaku penyelenggara, ” ucap Heri Budi.

Pada kesempatan ini, Kasi PIP menambahkan, jika pada tahun ini Dinas Kominfo Kabupaten Kulon Progo selaku PPID utama juga menyelenggarakan Monev Badan Publik (BP) tingkat Kabupaten yang dikemas dalam PPID Award.

"PPID Award dimaksudkan untuk memberi kesempatan pada PPID Pembantu untuk berlomba dan berpacu melengkapi data, dokumen, dan sarana prasarana bagi 42 OPD di Kulon Progo, sesuai kriteria yang telah ditentukan. Dengan demikian PPID Pembantu akan lebih siap untuk mengikuti Monev BP tingkat Provinsi, dan puncak penganugerahan PPID Award akan dilaksanakan pada tanggal 26 Juli, " tegas Heri Budi.

Tim Monev BP tingkat Kabupaten berharap banyak, kriteri yang sudah disampaikan hendaknya segera dilengkapi untuk mengejar tahapan penilaian dari Tim Juri, mulai dari mengupload dokumen di website masing-masing OPD hingga melengkapi sarprasnya.

Setelah selesai penilaian oleh Tim Juri Monev BP tingkat Kabupaten, nanti akan dilakukan pemeringkatan PPID Pembantu dan dilakukan visitasi yang masuk dalam 10 besar OPD dan 5 besar PPID Desa/Kalurahan.

Proses pendampingan dilakukan dengan cara konsultasi satu persatu dari setiap OPD untuk menyampaikan pertanyaan, kendala, serta progres yang telah dilakukan dan kemudian langsung ditanggapi oleh narasumber.

Pada akhir pertemuan, Heri Budi mengapresiasi kepada PLID dari PPID Pembantu yang telah hadir dan berharap seluruh OPD di Kulon Progo bisa menjadi Badan Publik yang 'Informatif' yang bisa memenuhi kriteria untuk mengumumkan, menyediakan dan melayani publik dengan baik.

(Ns/IKPS/Kominfo)