Dinas Kominfo Kulon Progo Publikasikan Gerakan Nasional Literasi Digital

Wates – Wakil Bupati Kulon Progo, Fajar Gegana beserta jajaran Organisasi Pemerintah Daerah Kabupaten Kulon Progo, menerima audiensi dari PT. Debindomulti Adhiswasti selaku pelaksana Program Gerakan Nasional Literasi Digital yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), di Ruang Wakil Bupati, Senin (14/06/2021).

Koordinator Wilayah Kabupaten Kulon Progo mewakili PT. Debindomulti Adhiswasti, Budi Prasetyo mengatakan, kegiatan literasi digital ini akan dilakukan secara masif bersamaan dengan wilayah  lainnya di Indonesia melalui Zoom Meeting sebanyak 27 kali, sejak 31 Mei hingga Desember 2021, “Adapun Target peserta kegiatan ini adalah sebesar 16.180 orang, meliputi seluruh lapisan masyarakat, baik ASN, Pelajar, Mahasiswa, TNI/Polri, Ormas, UKM, Petani, Nelayan maupun masyarakat umum di wilayah Kabupaten Kulon Progo”, jelasnya.

Berdasarkan data Asosiasi Penyedia Jasa Internet Indonesia (APJII) tahun 2020, angka penetrasi pengguna internet di Indonesia telah  mencapai 73,3%. Hal ini memperlihatkan bahwa 144.191.413 dari total 196.714.070 masyarakat Indonesia telah memiliki akses terhadap internet. Dengan demikian, kemampuan dan pemahaman masyarakat dalam penggunaan internet juga harus di tingkatkan.

“Oleh sebab itu, Program Gerakan Nasional  Literasi Digital hadir untuk mendorong masyarakat dalam menggunakan internet secara cerdas, positif, kreatif,  dan produktif sehingga dapat meningkatkan kemampuan akal-pikirnya untuk mengidentifikasi hoaks serta  mencegah terpapar dampak negatif penggunaan internet.” imbuh Budi Prasetyo.

Budi Prasetyo juga menjelaskan, Literasi Digital dibagi dalam 4 (empat) aspek, yaitu : Infrastruktur Digital, Economy Digital, Masyarakat Digital, dan Tata Kelola Digital.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Bupati Kulon Progo, Fajar Gegana sangat mengapresiasi Program Gerakan Nasional Literasi Digital ini. Menurutnya program ini dapat membuat masyarakat cakap dalam menggunakan teknologi digital di tingkat dasar, madya, dan mahir, serta inklusif.

 

“Kami mendukung kegiatan ini untuk menambah kecakapan digital masyarakat Kabupaten Kulon Progo agar dapat memanfaatkan internet dan teknologi digital ini untuk hal-hal yang positif dan kreatif, menambah daya saing, meningkatkan perekonomian, hingga nantinya dapat turut serta membangun Kulon Progo” tuturnya.

Fajar juga mengajak kepada seluruh Kelompok atau Komunitas Masyarakat, Ormas, dan masyarakat umum Kulon Progo lainnya untuk  berpatisipasi dalam kegiatan webinar ini, sehingga diharapkan masyarakat Kulon Progo dapat menggunakan media digital semakin bijak dan cakap.

Dalam mendukung pelaksanaan Program Gerakan Nasional Literasi Digital, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Kulon Progo, dalam hal ini berperan aktif dalam mempromosikan dan mempublikasikan informasi terkait program tersebut secara masif. Salah satu strategi promosi yang akan digunakan adalah dengan menyebarluaskan press release atau informasi lainnya terkait  Program Gerakan Nasional Literasi Digital melalui media cetak seperti koran hingga media online seperti sosial media, website resmi, dan platform media online.

Selanjutnya, Diskominfo Kabupaten Kulon Progo akan terus berkoordinasi dengan PT. Debindomulti Adhiswasti sebagai pelaksana Program Gerakan Nasional Literasi Digital.  Koordinasi ini diharapkan dapat menyukseskan  dan mendapatkan banyak peserta dalam Program Gerakan Nasional Literasi Digital di Kulon Progo.

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi vibiadhisp@debindo.com atau vibiadhisp@gmail.com dengan no telpon 081325120015 (Budi Prasetyo/Koordinator Wilayah Kulon Progo). (Diskominfo Kulon Progo/IKPS/Humas/PIP/Syauqi/Min)