Verifikasi Data untuk Satu Data

Wates – Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kulon Progo melalui Seksi Statistik kembali melaksanakan Forum Verifikasi Satu Data Daerah bersama perwakilan dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Kulon Progo pada Senin (14/06/2021) di Ruang Rapat Sermo, Kompleks Pemkab Kulon Progo.

Kegiatan ini merupakan lanjutan dari Forum Verifikasi Satu Data yang sudah dilaksanakan pada (24/3). Untuk forum kali ini, dihadiri oleh 14 OPD guna melakukan verifikasi data.

Pada kesempatan ini, Kepala Bidang Informasi Komunikasi Publik dan Statistik (IKPS), Bambang Susilo,S.Si, M.Eng menyampaikan, sesuai dengan PerBup No 86 Tahun 2020 terkait Satu Data Kabupaten Kulon Progo, diamanatkan untuk melakukan verifikasi ataupun validasi data sehingga data yang dicantumkan dalam portal Satu Data maupun Buku Satu Data bisa lebih akurat, valid, terpadu, mutakhir, dan terintegrasi.

forum satu data

“Forum Satu Data ini sudah bukan hal yang baru. Diharapkan, Bapak/Ibu agar dapat mengecek/kroscek kebenaran dari data masing-masing OPD atau masing-masing produsen data yang kemudian nantinya akan dilanjutkan penandatanganan Berita Acara seperti biasanya”, ujar Bambang.

Bambang juga menegaskan, verifikasi atau validasi data harus teliti, akurat, dan valid, karena dimungkinkan pada tahun selanjutnya Dinas Kominfo tidak mengadakan Forum Verifikasi Satu Data dalam bentuk verifikasi, sehingga kebenaran data 100% diberikan kepada masing-masing OPD.

forum satu data

Sementara itu, perwakilan dari Badan Pusat Statistik, Rahmadhi Setyawan menyampaikan, yang perlu digarisbawahi dari satu data adalah konsistensi data dan kewajaran angka untuk dapat dikroscek ulang kebenaran, sehingga jika ada yang masih ada kekurangan bisa segera diperbaiki.

“Harapannya, forum satu data ini dapat lebih meningkatkan kualitas satu data di Kabupaten Kulon Progo”, ucap Rahmadhi. (Mn/IKPS/Kominfo)