Kalurahan Karangsari Terpilih Untuk Maju Ke Apresiasi Desa Tingkat Nasional

Setelah melalui proses yang cukup panjang, akhirnya Desa/Kalurahan Karangsari, Kapanewon Pengasih, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta terpilih untuk mewakili DIY dalam Apresiasi Keterbukaan Informasi Publik Desa tingkat Nasional.

Hal tersebut berkat kerja keras dari Kalurahan Karangsari sendiri, dengan dibantu bimbingan dari Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kulon Progo, Kapanewon Pengasih, Dinas PMD Dalduk dan KB, serta pihak-pihak terkait yang telah ikut mempersiapkan dokumen yang diperlukan serta sarana prasarana pendukung lainnya.

Seperti diketahui bersama, kegiatan yang digagas oleh Kementerian Desa dan Kementerian Kominfo beserta Komisi Informasi Pusat tersebut merupakan kali pertama dilaksanakan baik ditingkat Pusat maupun Daerah.

Kegiatan Apresiasi Desa dalam konteks implementasi Keterbukaan Informasi Publik Daerah Istimewa Yogyakarta ini, dilaksanakan secara partisipatif bagi semua kabupaten di DIY, dimana Komisi Informasi Daerah DIY dalam proses penilaian membentuk Tim Penilai dengan melibatkan Biro Tata Pemerintahan (Biro Tapem), Sekretariat Daerah DIY, Biro Bina Pemberdayaan Masyarakat (Biro Bermas) Sekretariat Daerah DIY, dan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Utama Pemerintah Daerah DIY.

Menurut Sri Surani, salah satu anggota Tim dari KID DIY, dari 4 (empat) Kalurahan yang diajukan oleh masing-masing Kabupaten di DIY, terdapat 2 (dua) kalurahan terpilih, yaitu Kalurahan Pucung, Kapanewon Girisubo, Kabupaten Gunungkidul dan Kalurahan Karangsari, Kapanewon Pengasih, Kabupaten Kulon Progo.

Selanjutnya Tim Apresiasi Desa Provinsi melakukan visitasi/kunjungan ke kedua Kalurahan tersebut untuk mengkonfirmasi, melihat dokumen dan kondisi di Lapangan secara langsung terkait dengan pelayanan informasi dan inovasi serta kelengkapan sarana prasarana lainnya.

Di Kabupaten Kulon Progo sendiri, Tim Apresiasi Desa Provinsi diterima langsung oleh Lurah Karangsari dan perangkatnya beserta Tim Pendamping dari Dinas Kominfo, Dinas PMD Dalduk KB, Bagian Pemerintahan Setda Kulon Progo, dan Kapanewon Pengasih.

Setelah melalui proses penilaian bersama dengan melihat data, bukti pendukung, dan proses visitasi terhadap 2 (dua) desa/kalurahan yang telah mengalami pendalaman penilaian, akhirnya Kalurahan Karangsari, Kapanewon Pengasih, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta terpilih sebagai Rekomendasi Kalurahan terbaik dalam pengelolaan dan pelayanan informasi publik di DIY.

Hal ini juga sesuai dengan Surat dari KID DIY Nomor : 480/064 perihal Rekomendasi Apresiasi Desa tertanggal 07 Juni 2021.

Pada kesempatan ini, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kulon Progo, menyambut baik dan memberikan apresiasi terhadap Kalurahan Karangsari yang telah berhasil memenuhi apa yang diminta oleh Tim dari Pusat maupun daerah.

"Tentunya hal ini sangat menggembirakan bagi Kalurahan Karangsari dan Kabupaten Kulon Progo. Untuk selanjutnya harus dipersiapkan kelengkapan dokumen lainnya dan tindak lanjut atau implementasi inovasi secara konsisten bagi masyarakat di Kalurahan tersebut serta diadakan pembahasan oleh unsur terkait dalam skala yang lebih besar, " ujar Rudiyatno.

Sementara itu, Bupati Kulon Progo, Drs. H. Sutedjo memberikan apresiasi kepada Kalurahan Karangsari yang sudah berhasil maju dalam Apresiasi Desa di tingkat Nasional.

Selain itu, Bupati juga sangat mendukung kegiatan ini dan mengharapkan Kalurahan Karangsari untuk lebih bekerja keras lagi dalam melakukan pelayanan informasi publik di wilayahnya.

Sutedjo mengatakan, sesuai dengan amanat UU nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik bahwa setiap Badan Publik wajib menyelenggarakan Layanan Informasi Publik sesuai dengan Standar Layanan Informasi Publik (SLIP) Desa.

Selain mengapresiasi upaya yang telah dilakukan, Bupati juga menghimbau kepada semua Badan Publik di Kulon Progo, khususnya Kalurahan Karangsari untuk terus memperhatikan dan meningkatkan beberapa aspek dalam pengelolaan Informasi Publik.

Bupati Kulon Progo berharap Kalurahan Karangsari dalam Implementasi Keterbukaan Informasi Publik dapat melaksakan 5 (lima) hal, yaitu :
1. Memenuhi kebutuhan informasi yang mudah diakses bagi masyarakat desa;
2. Menyediakan informasi publik yang sesuai dengan standar layanan informasi publik desa;
3. Mengelola Informasi Publik desa yang transparan dan akuntabel;
4. Mewujudkan Good Governance;
5. Menghindarkan desa dari budaya tertutup.

Lima komitmen ini yang menjadi harapan Bupati Kulon Progo sebagai bentuk dukungan dan motivasi bagi Kalurahan Karangsari agar dapat dilaksanakan serta menjadi modal berharga ketika maju ke tingkat nasional mewakili DIY dalam ajang perdana Apresiasi Keterbukaan Informasi Publik Desa.

(Ns/IKPS/Kominfo)