Bimbingan Teknis dan Evaluasi Lapangan Smart City Kabupaten Kulon Progo

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kulon Progo mengadakan Bimbingan Teknis dan Evaluasi Lapangan Smart City Kabupaten Kulon Progo di Command Room Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kulon Progo secara virtual melalui zoom meeting pada Senin (6/7/2021).

Kegiatan ini dihadiri oleh Bupati Kulon Progo, unsur Dinas Komunikasi dan Informatika, Dewan Smart City, Tim Pelaksana Teknis Smart City, perwakilan OPD se-Kabupaten Kulon Progo, Lurah dan operator Sistem Informasi Desa (SID) serta pengguna layanan pada 6 dimensi Smart City dengan menghadirkan Tim Ahli dari Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Dr. Wikan Danar Sunindyo S.T., M.Sc. selaku pendamping sekaligus pembimbing pelaksanaan Bimtek Smart City Kabupaten Kulon Progo.

Pada kesempatan ini, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kulon Progo, Drs. Rudiyatno, M.M., menyampaikan bahwa kegiatan Bimtek dan Evaluasi Lapangan ini dilaksanakan sebagai tindak lanjut dari Nota Kesepahaman bersama antara Direktorat Jenderal Aplikasi dan Informatika Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia dengan Pemerintah Kabupaten Kulon Progo setelah Kabupaten Kulon Progo terpilih sebagai salah satu Kabupaten dari 75 Kabupaten/Kota pada program Gerakan Menuju 100 Smart City Indonesia tahap kedua.

“Salah satu agenda dalam kesepahaman tersebut adalah Kementrian Kominfo Republik Indonesia memberikan fasilitas Tenaga Ahli guna membimbing segenap unsur pemerintah daerah yang terlibat agar mengetahui, mengerti, memahami dan dapat mengaktualisasi program Smart City secara nyata” ucap Rudiyatno.

Rudiyatno menambahkan, tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan bimbingan cara melakukan evaluasi pelaksanaan program Smart City yang telah berjalan serta melakukan pemeriksaan kembali (cross check) terhadap hasil evaluasi yang diperoleh pada kurun waktu tahun 2018 sampai dengan semester 1 tahun 2021 dengan melakukan kunjungan langsung ke lapangan secara daring melalui aplikasi zoom.

“Kegiatan Bimtek dan Evaluasi lapangan ini dilakukan selama dua hari yaitu pada Senin, 7 Juni sampai dengan Selasa, 8 Juni 2021. Sedangkan untuk tinjauan lapangan yang dilakukan secara daring, akan dilakukan pada 6 lokasi sesuai dengan 6 dimensi Smart City” tambah Rudiyatno.

Enam Dimensi tersebut adalah Smart Government ada pada aplikasi SICANTIK, Smart Economy di layanan TANIKU, Smart Society di layanan E-Learning, Smart living di layanan Antrian online RSUD, Smart Branding di Eco Tourism PULE PAYUNG, serta Smart Environment di layanan SIBAKU.

Sementara itu, Bupati Kulon Progo yang juga hadir di acara ini menyampaikan bahwa Bimbingan Teknis dan Evaluasi Lapangan ini memang perlu dilaksanakan dengan melibatkan dan menampung berbagai usulan masukan maupun problematika yang dihadapi, baik dari para Lurah maupun masyarakat pengguna layanan utnuk meningkatlkan kualitas penerapan program Smart City di Kabupaten Kulon Progo sesuai dengan road map yang telah ditetapkan.

“Semoga apa yang kita lakukan pada hari ini nantinya akan menjadikan layanan Pemerintah Kabupaten Kulon Progo dapat lebih cepat, efisien dan tepat sasaran, memudahkan warganya dalam aksebilitas, terutama pelayanan, dan harus berdampak menyejahterakan pada masyarakat, serta bermanfaat secara luas bagi kesejahteraan masyarakat. Smart City juga saya harapkan menjadi perilaku atau budaya seluruh pemangku kepentingan, khususnya di Kulon Progo” ucap Bupati.

Acara dilanjutkan dengan pembukaan secara resmi oleh Bupati Kulon Progo, kemudian penyampaian materi oleh Dr. Wikan Danar Sunindyo S.T., M.Sc.

Pada sesi dialog, juga diadakan tinjauan lapangan atau tanya jawab secara daring antara Pengelola Objek Wisata Pule Payung bersama masyarakat dan Tim Ahli dari Kementerian Kominfo RI, Dr. Wikan Danar Sunindyo, S.T., M.Sc.

(Ns/IKPS/Kominfo)