Lomba Jurnalistik Tulis Bagi Wartwan Se-DIY Dalam Rangka Hari Tanpa Tembakau SeDunia

Wates - Kulon Progo merupakan salah satu kabupaten di DIY yang telah menerapkan Kawasan Tanpa Rokok (KTR) sebagai implementasi dari Undang – Undang Kesehatan Nomor 36 Tahun 2009.  Implementasi Undang-Undang tersebut tertuang dalam Peraturan Daerah (Perda) Nomor 5 Tahun 2014 Tentang Kawasan Tanpa Rokok.

Dalam Rangka Hari Tanpa Tembakau Sedunia 2021, Pemerintah Kabupaten Kulon Progo melalui Dinas Kesehatan Kulon Progo, dengan program Sinergi bersama  mengurangi asap rokok di Kulon Progo (Semarku). Mengadakan Lomba Karya Jurnalistik Tulis bagi Wartwan se-DIY dengan Tema Utama : Hari Tanpa Tembakau Sedunia “Henti Bukan Ganti”. Hal tersebut diungkapkan saat konfrensi pers, di ruang rapat Tritis kompleks Pemkab Kulon Progo. Senin (31/5/2021). Dengan narasumber Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Drs. Jazil Ambar Was'an, Kepala Dinas Kesehatan Kulon Progo dr.Sri Budi Utami., M.Kes dengan moderator drg.Th Baning Rahayujati., M.Kes sebagai Sekretaris Dinas Kesehatan.

Jazil Ambar Was'an mengatakan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 5 Tahun 2014 Tentang Kawasan Tanpa Rokok, di Kulon Progo menjadi rujukan Kabupaten/kota, kegiatan Lomba Karya Jurnalistik kami menyambut baik dan mengapresiasi. Melalui lomba ini harapannya sebagai pembelajaran untuk kita semua, serta sebagai pengingat kepada generasi muda untuk berhenti merokok.

“Peran serta semua pihak kami harapkan, sehingga pelaksanaan Perda KTR di Kulon Progo dapat terlaksana dengan baik, guna menjaga kesehatan anak – anak, warga masyarakat tentunya,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kulon Progo dr.Sri Budi Utami mengatakan rangkaian agenda Hari Tanpa Tembakau Sedunia diantaranya Lomba Karya Jurnalistik Tulis bagi Wartwan se-DIY, dengan program Sinergi bersama  mengurangi asap rokok di Kulon Progo (Semarku).

Perda Nomor 5 Tahun 2014 Tentang Kawasan Tanpa Rokok, terdapat indikator yang berdampak untuk kesuksesan perda tersebut, yaitu yang perlu diperhatikan diantaranya sosialisasi tentang KTR di instansi maupun masyarakat, sudah adanya satgas KTR dan terdapat pengumuman tentang Perda KTR dan terpasang imbauan larangan merokok.

“Selain itu yang menjadi perhatian atau lebih ditingkatkan dalam indikator kesuksesan perda KTR adalah masih adanya iklan rokok, penjual rokok di kawasan KTR dan tempat khusus merokok,” ujarnya.

Beberapa kegiatan dalam rangka Hari Tanpa Tembakau Sedunia 2021 di Kulon Progo dengan kegiatan informatif, edukatif dan kupas tuntas Hari Tanpa Tembakau 2021. Diantaranya Live IG bersama @sbhkp Dengan tema "Peran Pemuda dalam Edukasi Kesehatan, Webinar HTTS 2021 live di youtube @kab_kulonprogo dan zoom @dinaskominfokp Dengan tema "Menjadi Agen Henti Bukan Ganti.

Talkshow di radio Megaswara dengan tema "Enam Tahun Perda KTR di Kulon Progo, Lomba Jurnalistik Tulis untuk Wartawan Media Cetak maupun Online dengan tema "Henti Bukan Ganti" dengan batas waktu 31 Mei sampai 30 Juni 2021 dan Live IG bersama @fakulonprogo Dengan tema "Peran Pemuda dalam Mewujudkan Kabupaten Bebas Asap Rokok"

Adapun syarat dan ketentuan untuk lomba Jurnalistik Tulis Bagi Wartwan Se-DIY dapat di unduh melalui laman website Pemkab Kulon Progo (https://kulonprogokab.go.id) dan Dinas Kesehatan Kulon Progo (https://dinkes.kulonprogokab.go.id) dengan kontak person Iud Karnaningrum (085349430940) dan Mei Tami (082123447967). IKPS/Humas/hry