Sosialisasi Persiapan Teknis Monev Badan Publik tingkat DIY Tahun 2021

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kulon Progo melalui Seksi Pengelolaan Infomasi Publik mengadakan Rapat Koordinasi Forum PPID dengan tema Persiapan Teknis Monev Badan Publik tingkat DIY Tahun 2021 di Ruang Rapat Sermo, Komplek Pemkab Kabupaten Kulon Progo pada Senin (31/05/2021)

Rapat ini dihadiri oleh KID DIY sebagai narasumber, unsur Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kulon Progo, serta perwakilan PLID dari OPD se-Kabupaten Kulon Progo.

Pada kesempatan ini, Kepala Bidang Informasi Komunikasi Publik dan Statistik (IKPS), Bambang Susilo, S.Si., M.Eng., menyampaikan bahwa forum ini merupakan kelanjutan dari forum-forum yang telah diadakan sebelumnya dalam rangka persiapan PPID Utama maupun PPID Pembantu Kabupaten Kulon Progo untuk menyiapkan diri pada monev dari KID DIY di tahun 2021. Bambang menjelaskan hasil dari monev tahun 2020 untuk Kabupaten Kulon Progo masih belum memuaskan.

“Flashback di tahun 2020 hasil monev KID DIY untuk Kulon Progo yaitu dari 42 PPID Pembantu ada 5 OPD yang sudah mencapai peringkat informatif, kemudian peringkat menuju informatif ada 7 OPD, cukup informatif ada 16 OPD, kurang informatif 9 OPD dan tidak informatif 5 OPD. Kami berharap di tahun 2021 ini nanti dengan kesiapan yang lebih matang hasilnya akan lebih baik lagi” jelas Bambang.

Bambang menambahkan dari tahun 2020 kemarin untuk uji akses di Kulon Progo dari 42 OPD ada sekitar 14 atau 15 PPID Pembantu dimana nilai uji aksesnya buruk. Hal itu membuat peringkat di PPID Pembantu beberapa jadi tidak informatif maupun kurang informatif. Masalah itu diduga ada beberapa yang memang mengalami kesalahan teknis seperti email trouble atau kesalahan saat mengirim SAQ.

“Kami berharap nanti kepada teman-teman PLID sebagai pelaksana yang mengurusi teknis untuk persiapan monev KID di tahun 2021 ini bisa lebih cermat dan lebih aktif lagi, dan kalaupun memang masih ada trouble atau kesulitan dalam rangka pengisian SAQ maupun nanti pengiriman uji akses dan sebagainya dari teman-teman PPID Pembantu nanti bisa komunikasi dengan kami dari Kominfo selaku PPID Utama nanti kita bisa membantu semampu kami untuk bisa menyelesaikan masalah yang ada di PPID pembantu” ujar Bambang.

Sementara itu, narasumber dari KID DIY, Erniati S.IP, M.H., memaparkan terkait dengan Monev 2021 memang perubahan yang paling mendasar adalah bahwa mulai tahun 2021 ini pertama kalinya KID DIY menggunakan e-Monev untuk pengisian SAQ.

“Dulu pengisian SAQ secara manual, download, isi, kemudian dikirimkan kembali. Untuk tahun ini nanti melakukan registrasi di portal e-monev, selanjutnya pengisian SAQ yang telah selesai nilai SAQ akan langsung keluar” jelas Erniati.

Erniati berharap jika nilai sudah keluar nanti ternyata hasil nilai SAQ dirasa kurang maksimal, OPD masih bisa mengejar nilai di website. Artinya, masih ada waktu untuk melakukan perkembangan website atau item-item apa yang mungkin belum tercantum di website bisa dilengkapi. Kemudian selanjutnya bisa dikejar dinilai uji akses.

Dalam acara tersebut dijelaskan pula oleh Wakil Ketua Komisioner KID DIY, Agus Purwanta, S.K.M, terkait dengan teknis pengisian Portal SAQ.

Pada akhir acara, Kabid IKPS Dinas Kominfo Kulon Progo berterimakasih kepada KID DIY sudah hadir sebagai narasumber yang telah memberikan materi dan berharap agar PLID yang hadir bisa menerima materi tersebut kemudian melaksanakannya dengan baik.

(Ns/IKPS/Kominfo)