Peninjauan Tim Apresiasi Desa Kulon Progo Ke Kalurahan Karangsari

Dalam rangka tindak lanjut menanggapi ajang penghargaan Apresiasi Desa Tingkat Nasional, Tim dari Dinas Komunikasi dan Informatika Kulon Progo didampingi perwakilan dari Bagian Administrasi Pemerintahan, Dinas PMD Dalduk KB dan perwakilan dari Kapanewon Pengasih, Kabupaten Kulon Progo melakukan peninjauan lapangan ke Kantor Kalurahan Karangsari, Kapanewon Pengasih untuk pengecekkan sarana dan prasarana pada Kamis (27/05/2021)

Pada kunjungan ini, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Drs. Rudiyatno, M.M, bersama rombongan disambut oleh carik Kalurahan Karangsari, Ari Wibowo. Dalam visitasi tersebut Rudi memeriksa ruang pelayanan Kalurahan Karangsari, kemudian sarana dan prasarana yang ada di dalamnya mulai dari papan pengumuman sampai kelengkapan sarana penunjang pelayanan informasi publik yang ada di ruangan. Hal ini sesuai dengan amanah Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Rudiyatno menemukan beberapa bagian yang perlu ditindaklanjuti untuk penyempurnaan pelayanan kepada masyarakat dalam melakukan pengaduan atau permintaan informasi di kalurahan tersebut secara cepat, mudah murah, dan efektif

Rudiyatno menyarankan beberapa masukan untuk menunjang pelaksanaan Keterbukaan Informasi Publik di kalurahan tersebut diantaranya adalah dibuatkannya kotak saran, buku tamu, form permohonan informasi, maklumat, jam layanan, struktur organisasi, visi misi, alur pelayanan informasi dan aduan, papan pengumuman, jalur khusus bagi penyandang disabilitas, petunjuk sekretariat untuk PPID Kalurahan, jalur evakuasi, titik kumpul, serta kelengkapan lainnya.

“Salah satu pelayanan yang baik itu mudah, murah, cepat dan valid, semoga ke depannya, Kalurahan Karangsari bisa melaksanakan hal tersebut” ujar Rudiyatno.

Menanggapi hal tersebut, Carik Kalurahan Karangsari, Ari Wibowo meyambut baik masukan yang diberikan dari Tim lokal, dan akan segera ditindaklanjuti.

(Nisa/IKPS/KominfoKP)