Rapat Persiapan Penerimaan Tim Apresiasi Desa dari Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kulon Progo melalui seksi Pengelolaan Informasi Publik mengadakan rapat Persiapan Penerimaan Tim Apresiasi Desa dari Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Rapat ini dihadiri oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kulon Progo beserta jajaran Seksi Pengelolaan Informasi Publik, Perwakilan dari Bagian Administrasi Pemerintahan Setda Kabupaten Kulon Progo, Kepala Seksi Administrasi Kekayaan Desa PMD Dalduk KB dan Perwakilan dari Kapanewon Pengasih, serta unsur terkait lainnya di Ruang Bagian Rumah Tangga, Kompleks Setda Kabupaten Kulon Progo pada Kamis (27/5/2021)

Kepala Seksi Pengelolaan Informasi Publik, Ir. Heri Budisantosa menyampaikan, diadakannya rapat pada hari ini adalah untuk menindaklanjuti rapat yang telah diadakan sebelumnya terkait lomba apresiasi desa tingkat nasional.

Heri Budi menginformasikan pada hari Senin mendatang, Kalurahan Karangsari Kapanewon Pengasih akan dikunjungi tim Komisi Informasi Daerah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (KID DIY), oleh karena itu ada beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum kunjungan itu dilaksanakan.

“Karena itulah pada kesempatan kali ini kami meminta masukan kepada peserta rapat yang hadir agar Kalurahan Karangsari lebih siap menghadapi kunjungan tersebut” Ujar Heri Budi.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kulon Progo, Drs. Rudiyatno, M.M, menekankan, peluang yang sudah diterima ini untuk dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, semoga Kalurahan Karangsari bisa maju ke tingkat Nasional dalam ajang Apresiasi Desa Keterbukaan Informasi Publik mewakil DIY serta mendapat prestasi terbaik.

“Sebagaimana yang sudah pernah disampaikan, di Kulon Progo khususnya Kalurahan Karangsari akan dijadikan sampel untuk mengikuti lomba Apresiasi Desa berkaitan dengan Keterbukaan Informasi Publik di tingkat nasional. Tentu hal ini menjadi posisi yang startegis untuk kita bisa memperoleh apresiasi yang baik” Ujar Rudiyatno.

Rudi lebih lanjut menjelaskan, seiring dengan berjalannya waktu diskala DIY terpilih dua Kalurahan yang akan dilakukan kunjungan, selain Kulon Progo, ada lagi satu kalurahan di Gunung Kidul karena dirasa juga memenuhi kriteria. Intinya di forum ini melakukan tahapan-tahapan yang kita lalui mencerminkan progres bahwa kita semua siap. Sifatnya memberi saran masukan terlebih dahulu, sebelum diberi masukan oleh provinsi nantinya.

Dalam rapat tersebut dirumuskan beberapa inovasi untuk menunjang pelayanan di Kalurahan Karangsari, antara lain adalah diadakannya Kotak Saran yang bisa digunakan secara manual, kemudian inovasi kontak on line dengan lurah pada Aplikasi yang sudah disediakan di website Kalurahan Karangsari dengan tautan "Lurah Sapa Warga pada Masa Pandemi." Jadi siapapun warga Karangsari bisa menyampaikan aduan melalui aplikasi tersebut. Selain itu dibahas juga mengenai sarpras untuk memudahkan kaum difabel.

Rapat diakhiri dengan peninjauan langsung ke lapangan oleh Kepala Dinas Kominfo diikuti peserta rapat yang hadir. Rudi berharap persiapan sarana prasarana dan kelengkapan lainnnya dapat segera diselesaikan.

(Nisa/IKPS/KominfoKP)