Cerdas Bermedsos Dalam Menyikapi Hoax Dimasa Pandemi

Wates, Menyikapi hoax di masa pandemi Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta bekerja sama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kulon Progo menggelar sosialiasi Diseminasi Konten Positif terkait cerdas bermedia sosial dalam menyikapi hoax di masa pandemi. Berlangsung di Pendopo Balai Kalurahan Karangsari Kapanewon Pengasih, Rabu (19/5/2021).

Hadir pada acara tersebut Kepala Diskominfo DIY, Kepala Diskominfo Kabupaten Kulon Progo, anggota DPRD komisi A Hifni  Muhammad, SE,MBA Carik Kalurahan Karangsari beserta Pamong. Adapun peserta sosialisasi adalah Influencer dan Anggota Karang Taruna Karangsari.

Ir. Rony Primanto Hari, MT, Kepala Diskominfo DIY dalam paparannya menjelaskan salah satu peran Diskominfo adalah fasilitator penyebaran informasi positif di masyarakat khususnya dalam media teknologi informasi seperti di media sosial (medsos). Diharapkan dengan kegiatan ini, masyarakat bisa mengakses dan memanfaatkan pelayanan teknologi secara lebih bijak dan produktif.

Ditambahkan Rony, Pemprov DIY melalui Diskominfo DIY telah memberikan fasilitasi jaringan internet gratis kemasyarakat. Hal ini agar masyarakat dapat mengakses informasi dan memanfaatkan pelayanan teknologi untuk keperluan produktif.

"Kominfo dituntut pula memberikan pemahaman kepada masyarakat supaya fasilitas ini dimanfaatkan seoptimal mungkin untuk keperluan positif tidak hanya keperluan konsumtif”, imbuh Rony.

Menanggapi pelaksanaan kegiatan tersebut, Kepala Diskominfo Kabupaten Kulon Progo Drs. Rudiyatno, MM, menyampaikan terima kasih karena telah dibantu dengan diselenggarakannya Diseminasi Konten Positif ini. Menurutnya masyarakat yang mengikuti acara ini kiranya dapat menyebar luaskan ke kelompoknya maupun secara luas lagi. 

Masyarakat diharapkan menjadi paham bagaimana bermedia sosial yang bijak. Apalagi pandemi Covid-19 yang sudah hampir dua tahun berlangsung, membuat masyarakat seperti berlomba-lomba  mencari informasi terkait covid-19.

"Dengan sosialisasi ini, menjadikan pelajaran dalam bersosmed saat mencari informasi yang valid, jangan sampai niatnya memberikan informasi tetapi bisa berdampak merugikan", jelas Rudiyanto.

Sementara itu Carik Karangsari, Ari Wibowo menyampaikan terima kasih atas kerja sama Diskominfo DIY dan Kulon Progo yang sudah menfasilitasi jaringan internet di Pedukuhan Karangsari yang saat ini sudah mencakup 12 lokasi. Tetapi menurutnya masih ada kendala dalam jaringan sebab masih menggunakan wireless, hal tersebut diharapkan bisa segera teratasi guna kelancaran akses bagi masyarakat. MC Kab.Kulon Progo/IKPS/Humas/Tinuk/April