Sosialisasi Persiapan Monev Badan Publik Tingkat Provinsi DIY

Wates, Rapat Internal Sosialisasi Persiapan Monev Badan Publik Tingkat Provinsi DIY tahun 2021 dipimpin langsung Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kulon Progo ( Diskominfo) Drs. Rudiyanto, M.M., dan dihadiri oleh jajaran pejabat struktural dan staf terkait, di ruang rapat Bagian Rumah Tangga (27/4).

Menurut Kepala Seksi Pengelolaan Informasi Publik Dinas Kominfo Kabupaten Kulon Progo, Ir. Heri Budisantosa, Rapat Sosialisasi ini sebagai tindak lanjut Rapat Internal sebelumnya dan persiapan Rapat Pendampingan PPID pada hari berikutnya.

"Kita sudah beberapa kali rapat untuk persiapan Monev PPID Tingkat DIY, dan hari sebagai tindak lanjut pemantapan pelaksanaan Monev Badan Publik se DIY, yang beberapa waktu lalu sudah disosialisasikan oleh Komisi Informasi Daerah (KID) DIY di Yogyakarta beberapa waktu lalu," ujar Heri Budi.

Sementara itu, Kepala Diskominfo Drs. Rudiyatno, M.M , yang pada saat itu mengikuti sosialisasi, menjelaskan, pengelola internal harus secara intensif mengisi konten informasi dan konten lainnya baik itu dokumen maupun peraturan serta kebijakan pemerintah daerah lainnya dalam kegiatan internal dengan optimal.

"Fitur pada website juga perlu dilengkapi, jika ada yang ragu dalam pengisian itu agar dibahas pada rapat sekarang. Poin- poin ini perlu dicatat karena sebagai dasar," tambah Rudy.

Selain itu, menurut Rudiyatno, PLID setiap hari harus mengecek email untuk mengetahui ada tidaknya pemohon informasi dan juga untuk mengetahui apakah email dapat berfungsi dengan baik atau tidak.

"Karena kendala Monev PPID pada tahun kemarin dlantaranya adalah pada saat uji akses melalui email," imbuh Rudy.

Rudy juga berharap PLID pada PPID utama dapat merekap konten atau dokumen apa yang belum dan sudah diupload pada website masing-masing PPID Pembantu, untuk bahan evaluasi pada saat menghadapi Monev.

Lebih jauh Rudy menjelaskan, dalam sosialisasi Monev Badan Publik oleh KID DIY disampaikan bahwa, Badan Publik memiliki kewajiban mengumumkan, menyediakan, melayani, melaksanakan SOP dan menyusun laporan pelayanan informasi publik.

Rudy juga mengatakan tahapan Monev Badan Publik 2021 masih sama dengan tahun sebelumnya yaitu : Mengisi SAQ, Verifikasi Website, Uji Akses, dan Visitasi/Presentasi.

"Tahapan penilaian ini akan dilaksanakan mulai bulan Juni sampai dengan September dengan puncak penganugerahan Badan Publik.

Menanggapi hal ini, seksi Pengelolaan Informasi Publik akan berupaya semaksimal mungkin untuk secara intensif mengoptimalkan fungsi Website dan melengkapi sarana prasarana pada setiap PPID pembantu atau PPID utama sendiri.

"Kita akan secara berurutan mengundang PPID pembantu dalam jumlah 10 OPD untuk kita bedah baik konten Websitenya maupun sarana pendukung lainnya. Selain itu, kami mohon dukungan dari beberapa seksi yang ada di Kominfo untuk dapat bekerjasama membawa PPID di Kulon Progo untuk dapat meraih prestasi terbaik dalam Monev Badan Publik tingkat DIY tahun 2021 ini," pungkas Heri Budi.

(April/IKPS/KominfoKP)