Persiapan Lomba Apresiasi Desa Tingkat Nasional

Wates, Kabupaten Kulon Progo ditunjuk sebagai salah satu Daerah yang harus mengirimkan satu Kalurahannya ke Tingkat Provinsi untuk diseleksi sebagai utusan Kalurahan/Desa mewakili Provinsi DIY ke tingkat Nasional dalam lomba "Apresiasi Desa dalam implementasi Keterbukaan Informasi Publik" yang diselenggarakan Kemendagri dan Komisi Informasi Pusat dan Daerah.

Hal ini segera ditindaklanjuti oleh Dinas Kominfo Kabupaten Kulon Progo selaku pendamping dalam pembinaan PPID Desa, beserta unsur terkait lainnya dari Dinas PMD Dalduk KB, Kapanewon, dan Bagian Pemerintahan Setda Kabupaten Kulon Progo.

Rapat tindak lanjut ini, dilaksanakan setelah adanya audiensi antara Bupati Kulon Progo dan Komisi Informasi Daerah (KID) DIY, di ruang Kerja Bupati beberapa waktu lalu.

Dalam Rapat yang dilaksanakan setelah ada surat resmi dari KID DIY, digelar dengan mengundang unsur terkait tersebut, di Ruang Rapat Bagian Rumah Tangga, pada bulan April ini.

Pada kesempatan ini, Sekretaris Dinas Kominfo, yang mewakil Kepala Dinas, Heri Warsito, SH, M.M., menyampaikan, Kulon Progo diminta untuk menunjuk satu Kalurahan yang dianggap memenuhi kriteria dalam lomba Apresiasi Desa Tingkat Nasional tersebut.

"Kita diminta untuk menunjuk dan mendampingi serta melakukan pembinaan terhadap Kalurahan yang kita pilih, sesuai dengan kriteria yang sudah ditentukan, " ujar Heri Warsito.

Heri Warsito menjelaskan, kriteria yang ditentukan oleh Komisi Informasi Pusat diantaranya adalah : Komitmen, Inovasi, SDM, Partisipasi dan Akses serta Dokumen.

Pada kesempatan ini, Kepala Seksi Pengelolaan Informasi Publik Dinas Kominfo Kabupaten Kulon Progo, Ir. Heri Budisantosa, menambahkan, tujuan dari kegiatan Apresiasi Desa ini yaitu : mendorong terpenuhinya kebutuhan informasi bagi masyarakat Desa/Kalurahan yang mudah diakses, mendorong tersedianya Informasi Publik Desa yang sesuai dengan Standar Layanan Informasi Publik Desa, mendorong terjadinya proses transparansi, akuntabilitas, dalam pengelolaan informasi publik desa, dan mendorong pengelolaan Desa untuk mewujudkan good govenance serta menghindarkan Desa dari budaya tertutup.

Heri Budi juga menjelaskan, sesuai dengan Kerangka Acuan Kegiatan dari Komisi Informasi Pusat, penilaian akan dilakukan secara bertahap yaitu : Bulan April sampai Juni untuk pengumpulan data dan penyaringan, bulan Juli Desk Review Pusat, bulan Agustus pendalaman lapangan dan pada bulan September akan dilakukan pemberian apresiasi.

Sementara itu, dari Kapanewon yang dihadiri Panewu Pengasih, sudah mempertimbangkan Desa/Kalurahan yang direkomendasikan untuk maju dalam Apresiasi Desa tersebut.

Panewu Pengasih, Triyanto Raharjo, S.Sos, M.Si., mengatakan semua Kalurahan sebenarnya berhak untuk maju dalam lomba ini, akan tetapi kami harus memilih satu Kalurahan, yaitu Kalurahan Karangsari.

Hal ini juga sudah disetujui oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Dalduk dan KB, dan peserta Rapat lainnya yang hadir, termasuk Bagian Pemerintahan Setda Kabupaten Kulon Progo dan Dinas Kominfo.

Sebagai tindak lanjut, akan dilakukan pendampingan oleh Tim untuk melengkapi data-data sesuai kriteria yang sudah ditentukan oleh Komisi Informasi Pusat.

(April/IKPS/KominfoKP)