Bagian Humas Protokol dan Komunikasi Pimpinan Pemkab Banyumas, Belajar Ke Kulon Progo

Wates, Bagian Humas dan Protokol Pemkab Kulon Progo menerima kunjungan kerja Bagian Humas Protokol dan Komunikasi Pimpinan Pemkab Banyumas. Kunjungan yang diikuti oleh 5 orang, dipimpin oleh Kepala Bagian (Kabag) Humas Protokol dan Komunikasi Pimpinan Pemkab Banyumas, Deskart Sotyo Djatmiko. Kunjungan diterima langsung oleh Kabag Rumah Tangga Dra.Siti Muqodimah didampingi Kepala Bidang (Kabid) Informasi Komunikasi Publik dan Statistik (IKPS), Diskominfo Kulon Progo Bambang Susilo, S.Si., M.Eng., di Ruang rapat Bagian Rumah Tangga, Setda Kulon Progo. Kamis (8/4/2021).

Menurut Deskart Sotyo Djatmiko kunjungan tersebut merupakan salah satu kegiatan dalam menjalin silaturahmi dan study banding antar Pemkab. Silaturahmi penting guna meningkatkan kinerja pemerintah terutama bagian Humas Protokol dan Komunikasi Pimpinan, yakni sebagai penyambung lidah antara Pemkab dengan masyarakat.

“Pada kunjungan ini, selain bersilaturahmi, kami juga ingin meningkatkan hubungan serta mendiskusikan berbagai permasalahan yang timbul di masing-masing kabupaten dan terakait tupoksi Bagian Humas setelah adanya perubahan nomenklatur dari Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri RI) Nomor 56 Tahun 2019, tentang Pedoman Nomenklatur dan Unit Kerja Sekretariat Daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota. Sehingga perubahan Bagian Protokol dan Humas menjadi Bagian Humas Protokol dan Komunikasi pimpinan pada Sekretariat daerah di Pemkab Banyumas,” jelasnya.

Kabag Rumah Tangga Sekretariat Daerah (Setda) Dra.Siti Muqodimah mengatakan di Pemkab Kulon Progo untuk bagian humas sudah pindah ke Diskominfo Kulon Progo pada 2020. Untuk sekarang Bagian rumah tangga masih di Sekretariat Daerah, memiliki dua Kepala Sub bagian (kasubag) Rumah Tangga dan Protokol. Dalam hal ketugasan bagian protokol terus koordinasi bersama Humas dan saling keterkaitan satu sama lain. 

“Untuk tugas Subbag Protokol tetap sama, tidak berubah, terdiri melaksanakan tata  protokoler  dalam rangka penyambutan tamu pemerintah daerah, menyiapkan bahan koordinasi dan/atau fasilitasi keprotokolan, menyiapkan  bahan  informasi  acara dan  jadwal  kegiatan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah, Menginformasikan jadwal dan kegiatan Pemerintah Daerah serta Melaksanakan koordinasi dan fasilitasi  kegiatan Kepala  Daerah  dan Wakil Kepala Daerah,” ujarnya.

Sementara itu, Kabid IKPS, Diskominfo Kulon Progo Bambang Susilo, menjelaskan terkait ketugasan humas, mulai 2020 pindah di Dinas Kominfo pada Bidang Informasi Komunikasi Publik dan Statistik (IKPS), di Bidang IKPS setelah ada humas, terdapat tiga Kepala Seksi yaitu Kepala Seksi (Kasi) Pengelolaan Informasi Publik (PIP), Kasi Statistik, dan Kasi Hubungan Masyarakat.

Pada seksi Humas juga termasuk menyiapkan dan menggandakan bahan materi kebijakan serta Menyusun naskah sambutan dan pidato Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah. Serta peliputan terhadap kegiatan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah. Dalam sumber informasi Dinas Kominfo melalui Humas memiliki mitra kerja dengan Wartwan/Pers sebagai penghubung pemerintah kepada masyarakat.

“Harapanya pada bagian humas ke Dinas kominfo sebagai langkah pemerintah untuk memperkuat kerja-kerja kehumasan seiring perkembangan era digital saat ini. Humas kedepannya tak lagi sekadar menjadi wadah sumber informasi satu arah, tetap akan dituntut menjadi jembatan informasi antara pemerintah, pers dan masyarakat,” ujarnya. MC Kab.Kulon Progo/IKPS/Humas/hry.