Siaran Keliling di Masa Pandemi Covid-19

Seiring dengan terus bertambahnya jumlah kasus positif COVID-19 di Kulon Progo setiap harinya, Pemerintah Kabupaten Kulon Progo melalui Dinas Komunikasi dan Informatika ikut melakukan berbagai upaya untuk memutus mata rantai penyebaran virus COVID-19.

Upaya tersebut antara lain dengan melakukan kegiatan sosialisasi melalui himbauan di berbagai media, baik media cetak, elektronik, media luar ruang, serta kegiatan Siaran Keliling.

Sejumlah tempat-tempat strategis masyarakat, yang memiliki potensi sebagai penyebaran Covid-19 seperti Pasar dan Objek Wisata menjadi sasaran kegiatan ini.

Sasaran Siaran Keliling kali ini adalah di sekitar Kapanewon Girimulyo dan Pasar Kenteng, Kapanewon Nanggulan yang dilakukan pada hari Kamis (25/02/2021).

Menurut Kepala Seksi Pengelolaan Informasi Publik Dinas Kominfo Kabupaten Kulon Progo, Ir. Heri Budisantosa yang ikut terjun langsung ke lapangan, maksud dan tujuan kegiatan siaran keliling ini salah satunya adalah sebagai upaya sosialisasi pencegahan penyebaran Covid-19 kepada masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan sesuai aturan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah.

Dari pengamatan kami di lapangan, masih ada beberapa pengunjung di Pasar Kenteng, Nanggulan yang tidak mematuhi protokol kesehatan.

Hal ini membuktikan bahwa masyarakat masih perlu diberikan sosialisasi tentang pentingnya mematuhi protokol kesehatan untuk memutus rantai penyebaran kasus Covid-19.

Siaran disampaikan secara langsung melalui pengeras suara oleh petugas, yang didampingi Tim Siaran Keliling dari Dinas Kominfo Kabupaten Kulon Progo dengan mengikutsertakan salah satu anggota Paguyuban Wartawan Kulon Progo (PWK).

Dalam siaran tersebut, dihimbau agar masyarakat taat terhadap 5 M, yaitu : Memakai masker saat berada di luar rumah atau ketika berkumpul bersama kerabat di manapun kita berada, Mencuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun secara berkala atau menggunakan hand sanitizer, Menjaga jarak antara 1-2 meter dari orang sekitar, dan Menjauhi kerumunan, serta Mengurangi mobilitas.

Lebih jauh Heri berharap Siaran Keliling ini bisa dilaksanakan secara rutin dengan berganti-ganti materi tetapi masih terkait dengan kegiatan penanggulangan penyebaran Covid-19.

“Untuk kedepannya, diharapkan program siaran keliling ini akan terus berlanjut, dengan selalu memperbarui materi yang disampaikan kepada masyarakat, khususnya dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di wilayah Kulon Progo, " ujar Heri Budi.

Heri menambahkan, yang terpenting dalam hal ini adalah bagaimana menyadarkan masyarakat untuk selalu menjaga imun, protokol kesehatan, dan pola makan yang baik, agar terhindar dari Covid-19.

"Mari kita tetap waspada dengan selalu tertib menjalankan himbauan dari Gugus Tugas Penanganan Covid-19 di wilayah masing-masing, dan Pemerintah tentunya," pungkas Heri.

(Nisa/Kominfo)