Launching PENCARKU

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kulon Progo melaksanakan penandatanganan Perjanjian Kerjasama dan Launching Aplikasi PENCARKU (Pelaporan Penceraian Terintegrasi Kulon Progo) di Ruang Sermo, Kompleks Pemkab Kulon Progo pada Rabu (24/02/2021), dengan dihadiri langsung oleh Bupati Kabupaten Kulon Progo, Ketua Pengadilan Negeri, dan Ketua Pengadilan Agama.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Dukcapil Kulon Progo, Ir. Aspiyah, M. Si. menyampaikan, terselenggaranya acara ini merupakan kesepakatan bersama antara Pemerintah Kabupaten Kulon Progo dengan Pengadilan Negeri dan Pengadilan Agama tentang terciptanya integrasi data kependudukan.

“Maksud dan tujuan terlaksananya penandatanganan perjanjian kerjasama Dukcapil, Pengadilan Negeri, dan Pengadilan Agama adalah terkait integrasi data dan pelayanan administrasi kependudukan pasca perceraian serta Launching Aplikasi PENCARKU. Sesuai arahan dari Dirjen Dukcapil Pengadilan Negeri RI, yang mana tidak cukup hanya efektif dan efisien, akan tetapi bagaimana pemohon/masyarakat mendapatkan rasa bahagia setelah mendapatkan pelayanan dari Dinas Dukcapil. Dukcapil juga akan selalu berkomitmen untuk terus berinovasi dan meningkatkan pelayanan”, tutur Aspiyah.

Pelaporan perceraian terintegrasi dimaksudkan untuk memberikan pelayanan kependudukan pasca perceraian sebagai komitmen dalam mengimplementasikan gerakan Indonesia Sadar Adminduk. Dengan adanya pelaporan perceraian terintegrasi  tersebut akan menjadikan data kependudukan lebih valid dan akurat, khususnya terkait status perkawinan. Terwujudnya perjanjian kerjasama yang sekaligus akan menjadi dasar terlaksananya kegiatan pelayanan administrasi kependudukan melalui aplikasi PencarKu.

Dalam acara ini juga ditayangkan Video uji coba aplikasi PENCARKU serta penyerahan Akta Perceraian dan Dokumen Kependudukan yang diberikan kepada 3 warga secara simbolis.

Bupati Kulon Progo, Drs.H. Sutedjo, selain mengapresiasi Pengadilan Negeri dan Pengadilan Agama yang berkenan bekerjasama dengan Dinas Dukcapil, beliau juga mengutarakan perasaannya dalam menyikapi terciptanya aplikasi ini.

“Sesungguhnya kami prihatin kasus perceraian di Kulon Progo cukup tinggi, namun kami sebagai pelayanan juga harus melayani. Jangan sampai publik memandang inovasi PENCARKU ini justru mendorong perceraian. Kami hanya menjalankan kewajiban yang mana faktanya di Kulon Progo juga ada perceraian yang bahkan cukup tinggi. Jadi fungsi pelayanan ini yang harus kami penuhi”, ujar Sutedjo.

Bupati berharap kedepan aplikasi ini dapat memberi manfaat pada perkembangan dalam pemberian layanan terbaik di masyarakat. Diharapkan juga layanan aplikasi PENCARKU ini justru tidak mendorong bertambahnya angka perceraian di Kulon Progo.

“Dengan berbagai ungkapan dan harapan yang kami sampaikan, maka dengan mengucap Bismillah, inovasi PENCARKU pada hari ini saya resmikan, kita launching. Digunakan bersama oleh Dinas Dukcapil, Pengadilan Negeri dan Pengadilan Agama. Semoga allah senantiasa meridhoi usaha kita bersama”. pungkas Sutedjo.

Launching Aplikasi PENCARKU juga ditayangkan secara Live Streaming di YouTube Kulon Progo TV yang diproduksi oleh Crew Live Streaming Dinas Kominfo Kabupaten Kulon Progo.

(Mn/IKPS/Kominfo)