Rakor Satu Data Tahun 2021

Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Kulon Progo melalui Bidang Informasi dan Komunikasi Publik dan Statistik (IKPS) mengadakan Rapat Koordinasi dan Sinkronisasi Pengumpulan, Pengolahan, Analisis dan Diseminasi Data Statistik sektoral tahun 2021 dengan OPD se-Kabupaten Kulon Progo di Aula Adikarto, Kompleks Pemkab Kulon Progo pada Kamis (11/02/2021).

Kepala Bidang Informasi Komunikasi Publik dan Statistik (IKPS), Bambang Susilo, S.Si., M.Eng. mengatakan, jika pada tahun 2021 ini dengan menggunakan Aplikasi SIPD nama kegiatan Satu Data berubah, yang semula menggunakan nama Penyusunan Data Statistik Daerah berubah menjadi Koordinasi dan Sinkronisasi Pengumpulan, Pengolahan, Analisis dan Diseminasi Data Statistik Sektoral.

“Meskipun berubah nama, namun pada prinsipnya secara substansi kegiatannya hampir sama. Selain itu juga ada perubahan pada dasar hukumnya. Perbup Nomor 69 Tahun 2017 tentang Sistem Pengelolaan Satu Data Daerah diubah menjadi Perbup Nomor 86 Tahun 2020 tentang Satu Data Daerah. Nantinya akan ada tambahan Wali Data Pendukung yang membidangi terkait data, perencanaan, dan statistik data masing-masing OPD. Kemudian koordinator Forum Satu Data nanti akan ada di Bappeda dengan produsen data masih dari masing-masing OPD penghasil data”, tutur Bambang.

Pada Tahun 2021 ini pengampu atau petugas Satu Data dan Database hanya satu orang, sehingga nanti datanya tidak ada yang berbeda ketika pengiriman data di Satu Data dan Database. Bappeda akan dilibatkan sebagai pengampu karena merupakan instansi/OPD yang akan selalu mengawal data-data dan penggunaan data tersebut.

Sementara itu, Kasie Statistik, Etik Nurmayati, S.Si menambahkan jika pada tahun sebelumnya permohonan personil berjumlah 2 orang, untuk saat ini hanya 1 orang saja dikarenakan keterbatasan anggaran dan juga aturan. Kegiatan di tahun 2021 dengan berbeda nama, tetapi outputnya sama dengan tahun lalu. Judul-judul terkait satu data yang telah diupload seperti apa datanya dapat dilihat di portal satudata.kulonprogokab.go.id.

Adapun penjadwalan terkait Forum Verifikasi Satu Data yaitu, Triwulan I tgl 24 Maret 2021, Triwulan II 10 Juni 2021, dan Triwulan III 12 Juli 2021 dengan batas pengumpulan data H-7 sebelum verifikasi data.

Menurut Etik, untuk Database Daerah pengampu dari Bappeda ada di masing-masing Sub. Bid. Bidang Pemerintahan dan Pembangunan Manusia, Sub. Bid Bidang Perekonomian dan SDA, serta Sub. Bid. Bidang Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah. Untuk pembagian OPD dan Sub. Bid. pengampu akan disampaikan bersamaan dengan pembagian jadwal desk untuk Database Daerah. Untuk Database Daerah, jadwal desk awal dilaksanakan bulan April 2021 dengan pengumpulan data pada Maret akhir. Kemudian desk akhir dilaksanakan bulan Agustus 2021.

“Mengenai ketugasan Kapanewon tetap seperti tahun lalu dengan mengumpulkan data dari Kalurahan yang sudah direkap dan diverifikasi data oleh Kapanewon yang kemudian bisa dikirim ke kami. Untuk instansi vertikal (Kejaksaan, Polres, dan KPU) pada tahun ini juga akan kami undang untuk verifikasi data." jelas Etik.

Pada akhir rapat, Bambang Susilo, S.Si., M.Eng juga menyampaikan terkait dengan pengumpulan data yang biasa diupload di Portal Satu Data, jika memang terdapat data baru atau kelengkapan yang baru dari Instansi terkait, untuk dapat segera diinformasikan ke Dinas Kominfo agar dapat segera diupdate dengan tujuan memudahkan dan mempercepat masyarakat dalam menerima informasi.

“Kalau di Instansi Bapak/Ibu sekalian ada data baru yang dimungkinkan bisa diinformasikan ke masyarakat, kami harap nantinya bisa disampaikan ke kami untuk dapat diupload. Kami  berharap prinsip kita sekarang akan memberikan pelayanan, pemberian data, penginformasian data ke masyarakat secara  proaktif, sehingga masyarakat tidak perlu datang langsung ke Instansi karena sudah bisa diperoleh secara online. Kami juga berharap Forum Satu Data agar lebih maju lagi supaya kemanfaatan data ke masyarakat bisa lebih optimal”, tegas Bambang.

(Mn/IKPS/Kominfo)