Mengawali Rutinitas Monitoring Menara Telekomunikasi

Tim menara Dinas Komunikasi Informatika Kabupaten Kulon Progo mulai melakukan monitoring terhadap Menara Telekomunikasi  pada tahun 2021 ini. Kegiatan ini telah menjadi agenda rutin tahunan sebagai upaya pengawasan dan pengendalian Menara Telekomunikasi yang ada di Kabupaten Kulon Progo.

Pada hari Kamis (04/02/2021) Tim melakukan monitor pada 5 (lima) Menara Telekomunikasi di wilayah Kapanewon Galur, diantaranya menara milik Konet Infla Nusantara, Protelindo Karangsewu, Protelindo Tirtorahayu, Tower Bersama (TBG), dan Exel Axiata.

Sementara pada hari Senin (08/02/2021), Tim melakukan monitor di 4 (empat) Menara Telekomunikasi yang ada di Kapanewon Nanggulan diantaranya menara milik PT. Inti Bangun Sejahtera di Kembang, PT. Indosat di Jatisarono, Protelindo di Jatisarono, dan PT. Telkomsel di Kembang.

Menurut Kasie Keamanan Informasi dan Menara Dinas Kominfo Kabupaten Kulon Progo, Zuhri Istanto, kegiatan monitoring ini untuk memastikan data secara detail terkait kondisi Menara yang meliputi: nama pemilik, nama pengguna, lokasi, koordinat desimal, tinggi Menara, tipe site, struktur Menara, kondisi marka halang penerbangan, kondisi lampu halang penerbangan dan lampu penerangan site, kondisi pagar, serta keterangan site.

"Monitoring ini juga bertujuan untuk menyerap informasi dan masukan dari masyarakat sekaligus memetakan konflik yang mungkin terjadi terkait operasional menara. Konflik yang ada biasanya disebabkan efek induksi akibat kerusakan komponen menara. Untuk permasalahan ini pihak provider dapat melakukan komunikasi dan mediasi dengan masyarakat. Dalam proses ini, Dinas Kominfo akan membantu menjembatani dan mengawasi prosesnya", terang Zuhri.

Pada kunjungan ini, lebih jauh Zuhri menjelaskan, berdasarkan hasil monitoring terdapat beberapa kondisi Menara yang perlu dilakukan maintenance diantaranya kurangnya lampu penerangan, kurangnya perawatan kebersihan, tidak ditutupnya shelter listrik, dan masih adanya genangan air.

“Kedepan Dinas Kominfo akan terus melakukan koordinasi dan monitoring kelayakan dan kondisi di lapangan terkait Menara Telekomunikasi yang ada di Kabupaten Kulon Progo, sehingga Menara Telekomunikasi yang ada dapat dipastikan kondisi kelayakannya, terjaga dan berfungsi dengan baik sesuai dengan harapan masyarakat ”, tegas Zuhri. (Admin/KPS/Kominfo)