HPN Dimasa Pandemi Covid-19

Pemerintah Kabupaten Kulon Progo melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) mengadakan Sarasehan sebagai puncak acara Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2021 yang digelar pada Senin (08/02/2021) di Aula Adikarta, Kompleks Pemkab Kulon Progo.

Dalam sambutannya Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Kulon Progo, Drs. Rudiyatno, M.M.,  mengatakan,  peringatan HPN tahun ini digelar dengan sederhana mengingat masih dalam kondisi covid-19 dengan tidak mengurangi makna peringatan itu sendiri.

Tema peringatan HPN tahun ini yaitu "Pers Profesional Mengawal Masyarakat Sehat” yang artinya dalam pandemi ini pers adalah mitra kerja pemerintah dalam rangka pencegahan covid-19. “Saya harap hubungan antara Pers dan Pemerintah Daerah dapat terjalin dengan baik, sehingga dapat turut serta dalam menyebarkan informasi program-program pencegahan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Kulon Progo." tutur Rudiyatno.

Sementara itu, Ketua PWK, Asrul Sani, juga turut mengingatkan dalam situasi dan kondisi covid-19, sinergitas antar pewarta dan pemerintah harus tetap harmonis agar masyarakat dapat merasakan manfaatnya.

"Kondisi pandemi ini banyak dimanfaatkan oleh pihak tak bertanggung jawab, oleh karenanya segala informasi harus disampaikan secara transparan dan jelas agar tidak menciptakan kegaduhan di masyarakat. Terutama para pejabat maupun Forkompimda untuk tidak lagi anti dengan pemberitaan oleh media, karena media adalah mitra kerja pemerintah." ungkap Sani.

Menanggapi hal tersebut, Bupati Kulon Progo, Drs. H. Sutedjo menilai keberadaan pers sangat penting, karena pers sebagai penyampai informasi program pembangunan pemerintah melalui media massa. Dalam hal ini media atau pers berfungsi untuk menciptakan opini, mengedukasi dan mensosialisasikan berbagai protokol kesehatan yang harus dilakukan oleh masyarakat

“Disisi lain, saat ini pers sudah semakin mudah diakses masyarakat, sehingga penyebaran informasi dan pemerataan pembangunan akan semakin mudah dilakukan. Apalagi di tengah pandemi, media sangat dibutuhkan sebagai media edukasi masyarakat. Pers benar-benar bisa bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten dalam mendukung upaya-upaya penanggulangan wabah covid-19.” tutur Sutedjo.

Diakhir acara HPN 2021, Pemerintah memberikan penghargaan kepada lima tokoh/pejabat publik yang merespon wartawan dalam menjalankan tugas jurnalistik. Kelima penghargaan tersebut diberikan kepada Wabup Kulon Progo Fajar Gegana, sebagai tokoh sadar Keterbukaan Informasi Publik. Ketua DPRD Akhid Nuryati, S.E sebagai tokoh Politik Perempuan. Kepala Dinas Pariwisata Joko Mursito S.Sn, M.A sebagai tokoh Inovasi Pariwisata dan Budaya. Owner Kedai Kopi Ampirono,Totok Harjo sebagai tokoh Penggerak Ekonomi Lokal dan terakhir Sunar Wibowo sebagai tokoh Relawan Inspiratif.