ACT Hadir di Kulon Progo

Lembaga yang bergerak di bidang kemanusiaan ini sebagian besar diisi oleh para relawan, kini sudah hadir di Kabupaten Kulon Progo. Aksi Cepat Tanggap (ACT) merupakan lembaga sosial masyarakat yang bergerak di bidang kemanusiaan, berdiri sejak tahun 2004 dan berkantor pusat di Jakarta Selatan tepatnya di Menara 165. Mulai   Oktober tahun ini telah membuka cabang di Kabupaten Kulon Progo yang beralamat di Jalan Gadingan No.10, Wates, Kulon Progo.

Pada hari Rabu, 3 Februari 2021 ACT menyempatkan hadir ke Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kulon Progo untuk beraudiensi dengan Kepala Dinas Kominfo beserta jajarannya.

Audiensi antara ACT yang terdiri dari 3 orang yaitu : Resa Gustanto selaku Head Marketing, Anindita Destriana Sari sebagai Marketing Komunikasi, dan Della oktaviani sebagai CRO, diterima langsung oleh Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Kulon Progo, Drs. Rudiyatno, MM,  di Ruang Bagian Rumah Tangga, Setda Kabupaten Kulon Progo.

Dalam audiensi ini, Head Marketing ACT, Resa Gustanto menjelaskan, maksud dan tujuan datang ke Dinas Kominfo Kabupaten Kulon Progo khususnya untuk memperkenalkan ACT kepada masyarakat luas di Kabupaten Kulon Progo.

“Kami berharap Dinas Kominfo dapat membantu menyebarluaskan kegiatan-kegiatan yang kami lakukan melalui media yang ada, sehingga program-program kami dapat dikenal dan bermanfaat bagi masyarakat di Kulon Progo” terang Resa.

Lebih jauh lagi Resa menjelaskan, ACT sudah selama 4 (empat) bulan berkecimpung di Kabupaten Kulon Progo dan disambut masyarakat setempat dengan baik. Program yang telah dilaksanakan di daerah ini diantaranya yaitu:  Operasi  Pangan Gratis, Bahagia Lansia diusia Senja, Sumur Wakaf di Kapanewon Pengasih, Sentolo, dan Samigaluh, Sedekah Al-quran, Sahabat Guru Indonesia yang merupakan santunan kepada guru-guru di Kulon Progo di 9 Kapanewon.

Resa menambahkan, strategi pendanaan ACT diperoleh dengan penggalangan dana online melalui web Indonesiadermawan.co.id dan untuk Kabupaten Kulon Progo melalui kulonprogo.indonesiadermawan.co.id. serta bermitra dengan perusahaan-perusahaan salah satunya PT. Pertamina (Hiswana Migas).

Marketing Komunikasi ACT, Anindita Destriana juga menyampaikan tujuan didirikannya ACT di Kabupaten Kulon Progo yaitu untuk mengajak rasa kedermawanan warga Kabupaten Kulon Progo dan membangun relawan-relawan Kulon Progo dengan sasaran utama mahasiswa, pelajar,dan pemuda-pemuda di daerah ini.

“Kami ingin memperbanyak lagi orang dermawan di Kulon Progo. Salah satu tantangan kami karena memang cabang baru, bagaimana caranya agar pergerakkan kami secara offline maupun online dapat tersampaikan ke masyarakat Kulon Progo. Barangkali kami bisa berkolaborasi ke-media-annya, dan diharapkan dengan adanya kerjasama ini, program - program tersebut dapat berjalan lebih maksimal dan diketahui masyarakat luas.” Ujar Anindita.

       Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Kulon Progo, Drs. Rudiyatno, M.M. menyambut baik adanya audiensi ini dan menilai ACT sangat luar biasa dalam melakukan kegiatan atas dasar kemanusiaan, karena tidak semua orang mau dan mampu bergelut di bidang kemanusiaan ini apalagi masih berusia muda, banyak hal pekerjaan yang lebih bergengsi dan dinilai oleh masyarakat sebagai pekerjaan yang lebih mapan.

“Saya kira disaat tertentu bisa berkolaborasi dengan kami. Nanti kami juga ingin membantu publikasinya supaya program ACT bisa diketahui dan dikenal masyarakat secara luas serta mendapat support dari masyarakat Kulon Progo”, jelas Rudiyatno.

Rudiyatno juga menyarankan untuk efektivitasnya, kedepan mungkin bisa melakukan kerjasama juga dengan Dinas Sosial Kabupaten Kulon Progo atau OPD lainnya agar ketika program – program ACT berjalan, informasi - informasinya  bersumber dari lembaga resmi.

“Di Kabupaten Kulon Progo memang masih banyak kantong-kantong kemiskinan yang perlu bantuan, mungkin dengan kehadiran ACT yang sudah go internasional ini menjadi salah satu solusi khususnya terkait dengan program ACT yang bergerak dalam hal sosial kemanusiaan, kebencanaan dan pengentasan kemiskinan.” pungkas Rudiyatno.   

(MC KulonProgo/Mn)