Forkomsanda se-DIY, Persiapan SDM Persandian Dapat Kuasai Teknologi Informasi

Nanggulan - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kulon Progo kembali menjadi tuan rumah Forum komunikasi sandi daerah (Forkomsanda) yang dihadiri UPT Persandian    dan Dinas Komunikasi Kabupaten / kota se-DIY. Dilaksanakan pada Jumat (18/12/2020), di Kopi Klotok Menoreh, Kapanewon Nanggulan Kulon Progo.

Menghadirkan dua narasumber Dr. Sayuri Egaravanda, S.Kom.,M.Eng selaku Kapala Bidang Keamanan Informasi dan Persandian DIY dan Mohamad Zainuri, S.Kom selaku Pengelola Keamanan Informasi dari Dinas Kominfo DIY.

Kepala Diskominfo Kulon Progo Drs.Rudiyatno, MM dalam sambutannya mengatakan bahwa perkembangan teknologi informasi yang begitu pesat saat ini, perlu senantiasa meningkatkan kewaspadaan dari berbagai hal. Untuk itu SDM persandian dituntut dapat menguasai TI dan siber.

“Berharap kegiatan Forkomsanda ini tahun depan terus ada, penerapan TI pada persandian tidak bisa dipungkiri memiliki posisi yang sangat penting dan strategis. Untuk itu forum ini kedepan sangat penting dan perlu adanya pembahasan lebih,” ujar Rudiyatno.

Pada Kesempatan ini Kapala Bidang Keamanan Informasi dan Persandian DIY Sayuri Egaravanda dalam forum ini menyampaikan bahwa DIY sebagai salah satu dari 10 Provinsi yang mendapatkan project CSIRT oleh BSSN.

“Target  yang akan dicapai CSIRT PROV DIY adalah saling mendukung  dan kolaborasi kegiatan seperti Pentes, menyusun dokumentasi / laporan siber DIY dan Penanggulangan serta pemulihan insiden atau serangan siber,” kata Sayuri

Menurutnya program kerja CSIRT tahun 2021 adalah peningkatan hubungan dengan stakeholder, pengelolaan aset siber DIY, penguatan kanal informasi pengaduan, dan penguatan SDM  CSIRT PROV DI.

Sementara itu, Mohamad Zainuri menjelaskan bahwa secara garis besar memaparkan tentang Persiapan System Managemen Pengamanan Informasi (SMKI) bagi Pemda yaitu Komitmen top manjemen, penentuan tim SMPI, penetapan ruang kegiatan SMPI, Penyiapan dukungan anggaran.

Pada akhir sesi dilaksanakan diskusi terkait peran persandian pada  2021 yang antara lain membahas persiapan SDM sandiman harus menguasai teknologi informasi tidak hanya bertugas  menerima dan mengirimkan berita rahasia.

Untuk itu kedepan Diskominfo DIY melalui TIM CSIRT akan memberikan pelatihan yang berkelanjutan  dengan klasifikasi berdesa sesuai kemampuan dasar sandiman atau SDM yang akan mengikuti pelatihan. Forkomsanda ke depan juga akan ditinjau ulang memasukan unsur siber dalam pemakaian nama forum serta kegiatan akan dilanjutkan sesuai target dari CSIRT. MC Kulon Progo/hh