Wajah Baru Pedestrian Kota Madiun Usung Konsep Malioboro

Pemerintah Kota Madiun sedang gencar menata wajah perkotaan dengan konsep yang lebih indah, tertib, dan cantik. Ada beberapa tempat di kota Madiun yang kini lebih menarik salah satunya yakni Pahlawan Street Center yang berada di Jalan Pahlawan depan Balai Kota Madiun. Pedestrian di daerah tersebut ditata seperti di kawasan Malioboro, Jogjakarta.

Riski Septianto Kepala Sub Bagian Umum Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kota Madiun menyampaikan Pedestarian Pahlawan Street Center mengusung konsep pedestarian Malioboro, Yogyakarta.

"Meskipun konsepnya adalah pedestarian Malioboro, namun di Madiun terdapat tambahan icon dunia seperti Marlion Park, Miniatur Ka'bah dan Menara Eiffel," katanya.

Jalan Pahlawan yang selama ini dikenal sebagai pusat pemerintahan dan pusat perbelanjaan kini semakin lengkap dengan adanya Pahlawan Street Center. Maka tidak heran jika banyak dari daerah lain tertarik untuk mengunjungi kota yang berjuluk Kota Pendekar tersebut.

Pemerintah Kabupaten Kulon Progo bersama Paguyuban Wartawan Kulon Progo melaksanakan kunker ke Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang kota Madiun. (Senin, 14/12/2020).

Kabid IKPS Dinas Kominfo Kabupaten Kulon Progo, Bambang Susilo, mengatakan dengan adanya kunker ke Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kota Madiun diharapkan dapat memberikan masukan dalam penataan kawasan di Kabupaten Kulon Progo.

Sekretariat Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang, Jariyanto mengungkapkan bahwa pembangunan pedestrian di Kota Madiun yang mulai digarap akhir tahun 2019 tersebut berasal dari dana APBD, dan menghabiskan dana sekitar 20 milyar.

"Pembangunan dilakukan secara seimbang bukan hanya infrastruktur namun juga ada sektor ekonomi seperti UMKM, dan juga bidang pendidikan," katanya.

Jariyanto menambahkan bahwa UMKM di kawasan Pedestrian sudah berjalan, dan tanpa adanya penarikan retribusi agar tidak memberatkan pelaku UMKM.

"Kami berharap dengan adanya Pedestrian di Kota Madiun dapat menumbuhkan perekonomian melalui UMKM yang sudah berjalan dan tempat rekreasi bagi masyarakat" ujar Jariyanto. MC Kulon Progo/Tiara/Hry.