Gelar Orientasi KPP Rumuskan Pedoman Isolasi Mandiri

Wates – Dinas Kesehatan Kabupaten Kulon Progo menggelar acara Orientasi KPP dan Pedoman Isolasi Mandiri yang dibagi menjadi tiga angkatan. Kegiatan tersebut membahas dua materi yaitu yang pertama terkait Isolasi Mandiri di Rumah (ISO-MAMA). Kedua, terkait Pedoman Strategi Komunikasi Perubahan Perilaku Dalam Percepatan Penanggulangan Stunting di Kabupaten Kulon Progo. Beberapa rangkaian acara tersebut digelar di beberapa tempat di Kulon Progo namun kegiatan terakhir dilaksanakan secara daring melalui zoom meeting karena situasi Perkembangan Covid-19 di Kulon Progo. Kamis (27/11/2020).

Materi pertama disampaikan langsung oleh Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat di Dinas Kesehatan Kabupaten Kulon Progo, Bapak Joko Budi Santoso, SKM., M.Kes. Materi tersebut membahas mengenai suatu kegiatan yang dilaksanakan oleh pasien Covid-19 di tempat yang disediakan dan dipisahkan dengan masyarakat sehat dalam batas tertentu selama 14 hari.

Selanjutnya untuk materi kedua disampaikan oleh Seksi Promosi dan Pemberdayaan Masyarakat, Dewi Ratnawati, SKM., MPH. Materi kedua membahas mengenai KPP dalam menanggualangi stunting yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran publik dan mengubah perilaku kunci untuk mencegah stunting di Kabupaten Kulon Progo.

Dewi Ratnawati, SKM., MPH mengatakan bahwa pada tahun 2017, Kabupaten Kulon Progo ditetapkan menjadi Lokus Stunting.

“Adanya acara ini bukan karena kasus stuntingnya banyak, akan tetapi karena memang intervensinya sudah melibatkan lintas sektor dan untuk penguatan SDA di Indonesia karena bagaimana Indonesia ini akan maju jika anak-anak Indonesia stunting.” Ungkap Dewi Ratnawati.

Rangkaian acara yang diadakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Kulon Progo tersebut dibagi menjadi tiga sasaran yaitu sasaran pertama dengan peserta dari lintas program yang melibatkan empat bidang dan masing-masing seksi di Dinas Kesahatan Kabupaten Kulon Progo. Acara pertama tersebut diselenggarakan pada tanggal 23 Oktober 2020 di Rumah Makan Ingkung Sawah. Sasaran kedua yaitu untuk para OPD yang masuk RAD Stunting dan ditambah dari 12 Kapanewon. Acara kedua diselenggarakan pada tanggal 11 November 2020 di Joglo ‘TP’. Salanjutnya, sasaran ketiga dibagi menjadi tiga pertemuan yaitu tanggal 16 dan 24 November di Aula Adikarta, Komlekas Pemkab Kulon Progo dan tanggal 26 November melalui zoom meeting dengan peserta seluruh desa, PPKK Desa dan didampingi oleh PKK Kapenawon masing-masing. Sehingga dengan total peserta yaitu sekitar 300 peserta.