Penuhi Pelayanan Kesehatan, Melalui Pemerataan Dokter Spesialis

Wates – Pemerintah Kabupaten Kulon Progo melakukan penandatangan Nota Kesepahaman secara virtual di Commond Room Diskominfo Kulon Progo dengan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia mengenai Penandayagunaan Dokter Spesialis-Subspesialis dan Dokter Gigi Spesialis yang bertempat di Jakarta (18/11/2020). Nota Kesepahaman ini bertujuan untuk pemenuhan pelayanan kesehatan spesialistik melalui pemerataan dokter spesialis-subspesialis dan dokter gigi spesialis di seluruh wilayah Indonesia dalam bentuk pendayagunaan dokter spesialis-subspesialis dan dokter gigi spesialis di rumah sakit.

Terdapat 70 daerah yang menandatangani Nota Kesepahaman (MoU), diantaranya 6 kota, dan 60 Kabupaten termasuk Kabupaten Kulon Progo.

Penandatangan dilakukan oleh drg. Oscar Primadi, M.P.H selaku pihak kesatu dan Bupati Kulon Progo, Drs.H.Sutedjo atas nama Pemerintah Kabupaten Kulon Progo selaku pihak kedua. Namun, Bupati Kulon Progo diwakilkan oleh Wakil Bupati Kulon Progo, Fajar Gegana untuk melakukan penandatanganan karena berhalangan hadir dalam acara tersebut.

Melalui sambutannya, Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan RI, drg.Oscar Primadi, MPH. berharap bahwa dokter sepesialis-sub sepesialis dan dokter gigi sepesialis dapat diterima dan didayagunakan oleh pemerintah daerah setelah menempuh pendidikan.

“Kami berharap supaya dokter spesialis-sub spesialis dan dokter gigi spesialis yang ditempatkan atau dikembalikan ke rumah sakit milik pemerintah daerah tentunya dapat diterima dengan baik dan dapat didayagunakan sesuai keprofesiannya. Saya yakin kurun waktu mereka menempuh pendidikan dalam wakktu yang cukup panjang sekembalinya mereka ke daerah, saya yakin mereka dapat didayagunakan oleh pemerintah daerah. Mereka-merekalah yang akan memberikan pelayanan yang terbaik di tempat Bapak-Ibu sekalian”. ungkap Oscar Primadi

Acara virtual di Command Room, Diskominfo Kulon Progo juga dihadiri oleh OPD RSUD Wates, dan Dinas Kesehatan Kabupaten Kulon Progo. MC Kulon Progo/nia