Atasi Penggangguran di Daerah Bersama Bappenas RI, Melalui Skill Development Center (SDC)

Wates – Kementerian Perencanan Pembangunan Nasional (PPN) Republik Indonesia / Badan Perencanaan Nasional (Bappenas) menggelar audiensi dengan Pemkab Kulon Progo, membahas mengenai Kegiatan Skill Development Center (SDC) Kulon Progo terkait Strategi Menahan  Laju TPT Pasca Pandemi Covid-19 dan Peningkatan Produktivitas Perekonomian Daerah. Acara diselenggarakan di ruang Menoreh, kompleks Pemkab Kabupaten Kulon Progo, Senin (12/11/2020). Hadir dalam audiensi tersebut Bupati Kulon Progo Drs.H.Sutedjo didampingi Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Kulon Progo.

Tujuan diselenggarakan audiensi ini yakni untuk mengatasi pengangguran yang ada di daerah-daerah. Bagaimana cara menuntaskan pengangguran-pengangguran berdasarkan potensi yang ada di daerah sehingga pelaksanaanya sesuai.

Dalam pemaparan yang disampaikan oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Kulon Progo, Drs. Nur Wahyudi, M.M., mengatakan ada beberapa point penting antara lain terkait SDC, yaitu 1) Proses Penyiapan SDC, Sasaran dan Metode Analisis; 2) Kondisi Kependudukan dan Ketenagakerjaan; 3) Analisis Potensi Wilayah dan Analisis Rasio Potensi; 4) Kondisi Perekonomian dan Produktivitas; 5) Rekomendasi Rancangan Teknokrasi Kebijakan; 6) Usulan Program, Kegiatan dan Anggaran.

Selain itu, disampaikan juga mengenai progress SDC Kulon Progo yang hingga saat ini sudah melewati beberapa tahapan antara lain 1) Sosialisasi Awal Konsep Model SDC; 2) Setup Organsasi SDC &  draf  MoU ; 3) Pemetaan Base line Data , ARP & APW; 4) Penyusunan Program kerja dan Rekomendasi Kebijakan. Adapun tahapan Capacity Building belum dilaksanakan.

Sementara itu, Wakil dari Bappenas RI, M. Iqbal juga menyampaikan bahwa memang SDC bisa diarahkan untuk penempatan tenaga kerja, sehingga kegiatan vokasi yang dilakukan nanti haruslah mampu menjawab kebutuhan dari DUDI.

Iqbal juga berharap setelah melihat pemaparan dari SDC Kulon Progo, SDC Kabupaten Kulon Progo dapat menjadi percontohan untuk SDC lainnya.

Bupati Kulon Progo, Drs.H.Sutedjo sangat menerima dan menyambut baik mengenai SDC yang disampaikan dan sepakat untuk menjadi kebijakan pemerintah daerah. Oleh karena itu, untuk kelanjutannya supaya dibentuk tim khusus untuk merealisasikan serta mengkoordinasikan pelasanaan kebijakan.

Turut hadir dalam acara yaitu Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Kepala Badan Keuangan dan Aset Negara, Badan Keuangan dan Aset Daerah, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian, Kepala Dinas KOperasi Usaha Kecil dan Menengah, dan Kepala Sekolah SMK se- Kulon Progo. MC Kulon Progo/nia