Forum Satu Data, 2021 Terdapat Perubahan Pergub Terkait Satu Data

Wates – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kulon Progo menyelenggarakan forum verifikasi Satu Data Daerah Kulon Progo gelombang ketiga atau yang terakhir pada 2020. Pertemuan tersebut diselenggarakan pada Senin (9/11/2020), di ruang rapat Sermo, kompleks Pemkab Kulon Progo.

Kepala Bidang Informasi Komunikasi Publik dan Statistik  (IKPS) Diskominfo Kulon Progo  Bambang Susilo, S.Si., M.Eng mengungkapkan bahwa pada 2021 terdapat beberapa perubahan mengenai Satu Data.

“Perlu disampaikan bahwa saat ini Diskominfo bersama Bappeda sedang menyiapkan perubahan terkait dengan Pergub No.69 tahun 2017 terkait dengan izin penggunaan Satu Data Kabupaten Kulon Progo, nantinya pada draft Pergub tersebut akan ada Bappeda sebagai koordinator Satu Data maupun sekretariat Satu Data.” ujar Bambang.

Sementara itu, BPS Kulon Progo, Andriana Nurmahmuf, S.Si., MPA. selaku Kepala Seksi Integrasi Pengolahan Diseminasi Statistik (IPDS) mengungkapkan bahwa kegiatan forum verifikasi Satu Data merupakan kegiatan yang positif karena terdapat proses bagaimana kita menyajikan data tetapi sebelum disajikan, akan di verifikasi, sekiranya ada hal-hal yang perlu dikoreksi atau klarifikasi dapat langsung dikoreksi di tempat.

Andriana Nurmahmud menanggapi terkait perubahan pada Pergub No. 69 tahun 2017 yang akan terjadi beberapa perubahan. Harapannya forum Satu Data ini nantinya akan semakin baik.

“Siapapun rekan kerja mitra kita, BPS akan selalu siap bekerja sama, baik Diskominfo yang sudah menjalin kemitraan yang begitu lama maupun dari Bappeda,” ungkap Andriana.

Pertemuan ini dihadiri  oleh beberapa OPD  yaitu Bappeda, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Dinas Perdagangan dan Perindustrian, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Dinas Pertanahan dan Tata Ruang, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah serta Kapanewon. MC Kulon Progo/Nia/Dewi.