Diskominfo Provinsi Jawa Tengah Belajar PPID Desa Ke Kulon Progo

Wates – Perkembangan dan kemajuan pengelolaan pelayanan data dan informasi publik yang ada di Kabupaten Kulon Progo saat ini ternyata menarik perhatian banyak wilayah atau kabupaten lain di luar Daerah Istimewa Yogyakarta, salah satunya Diskominfo Provinsi Jawa Tengah.

Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Kulon Progo menerima kunjungan dari Diskominfo Provinsi Jawa Tengah dalam rangka meningkatkan pengelolaan pelayanan data dan informasi publik. Kamis, (5/11/2020) di Ruang rapat bagian rumah tangga, kompleks Pemkab Kulon Progo.

Kunjungan studi komparasi Diskominfo Provinsi Jawa Tengah dipimpin oleh Mashuri, ST, MM selaku Kasi Pelayanan Data dan Informasi Publik diterima langsung oleh Kepala Diskominfo Kulon Progo Drs. Rudiyatno, MM.

Dalam kesempatan itu, Kasi Pelayanan Data dan Informasi Publik Mashuri, ST, MM menyampaikan maksud kegiatan studi komparasi ini terkait pengelolaan standar layanan informasi publik desa yang ada di Kabupaten Kulon Progo.

Selain itu, Mashuri juga menyampaikan bahwa untuk ia ingin mengetahui alasan dan motivasi Dsikominfo Kulon Progo menggunakan pelayanan untuk difabel dalam PPID.

Kepala Diskominfo Kulon Progo Drs. Rudiyatno, MM kami sampaikan selamat datang di Kulon Progo, ini merupakan momentum untuk saling sharing terkait meningkatkan pengelolaan pelayanan data dan informasi publik, prinsip kami adalah bagaimana  mengoptimalkan terkait PPID Desa Kulon Progo sudah 87 Desa/Kalurahan terbentuk.

Sementara itu, Kepala Sie Pengelolaan Informasi Publik Ir. Heri Budisantoso   menjelaskan bahwa Diskominfo Kulon Progo dalam membentuk dan melaksanakan PPID Desa tetap mendasarkan apa yang sudah ditetapkan oleh Komisi Informasi Daerah (KID) DIY.

“Selain itu untuk sosialisasi Perbub No. 5 tahun 2019 tentang Pedoman SLIP Desa atau layanan Informasi Desa, kita tetap menggandeng KID DIY dan pelaksanaannya juga melibatkan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Dalduk KB. Selanjutnya 87 desa tersebut kita berikan pendampingan secara keseluruhan,” jelasnya.

Harapan Diskominfo Kulon Progo dan Diskominfo Jawa Tengah dapat meningkatkan kinerja setelah dilakukan pemaparan dan diskusi bersama terkait PPID Desa maupun program kegiatan lainnya. MC Kulon Progo/Dewi/Nia.