Dinkes Kulon Progo Berikan Edukasi Keamanan Pangan Para Pelaku UKM dan Siswa

Wates – Dinas Kesehatan Kabupaten Kulon Progo menyelenggarakan Seminar Komunikasi Informasi Edukasi (KIE) dengan tema Keamanan Pangan dengan peserta dari pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) dan siswa SMA/K yang tergabung dalam Kepramukaan Saka Bakti Husada (SBH) Kulon Progo. Tujuan kegiatan tersebut untuk memberikan edukasi kepada para pelaku usaha dan siswa terakit keamanan pangan, dilaksanakan di rumah makan Pondok Lestari Wates, Kulon Progo, Selasa (27/10/2020).

Kegiatan ini diselenggarakan berdasarkan data yang diambil oleh Dinas Kesehatan Kulon Progo saat melakukan pengawasan Pos Market di Kulon Progo. Bahwa hasil pengawasan ternyata masih ditemukan produk – produk makanan yang mengandung bahan berbahaya dan tercemar mikroba.

Kepala Seksi Kefarmasian Makanan Minuman dan Alat Kesehatan Dinas Kabupaten Kulon Progo, Dra.Neti Yiperiati, Apt. M.Kes. mengatakan bahwa kegiatan ini sebagai media edukasi dan meningkatkan pengetahuan masyarakat agar dapat melindungi dirinya dari makanan yang tidak memenuhi syarat kesehatan serta meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai pentingnya keamanan pangan.

“Jadi menerapkan kebersihan dalam pengolahan makanan atau minuman untuk para siswa, pelaku UKM atau pengusaha makanan serta konsumen juga harus memperhatikan bagaimana memilih produk makanan yang aman dan bermutu,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Promosi dan Pemberdayaan Masyarakat, Dewi Ratnawati, S.K.M., M.P.H. mengatakan bahwa kegiatan seminar ini rutin kita laksanakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Kulon Progo kepada masayrakat, pelaku UKM, atau siswa serta konsumen.

“Berharap para peserta dari pelaku UKM, maupun dari Saka Bakti Husada (SBH) Kulon Progo dapat menjadi kader untuk bisa menyampaikan keteman – teman dan masyarakat sekitar, mengenai keamanan pangan,” ujarnya. MC Kulon Progo/Nia/Dewi.