Kulon Progo Terus Melawan Rokok

Wates  - Penyedia konten berita berbasis jurnalisme independen, Kantor Berita Radio (KBR). Melakukan wawancara bersama Bupati Kabupaten Kulon Progo Drs.H.Sutedjo yang bertemakan “Kulon Progo Terus Melawan Asap Rokok”. Wawancara ini dilaksanakan di ruang kerja Bupati, kompleks Pemkab Kulon Progo, Kamis (22/10/2020).

KBR sendiri adalah penyedia konten berita berjaringan di Indonesia, KBR memproduksi berita, talkshow, feature dan morning show yang di siarkan oleh radio jaringan di Indonesia.

Dalam wawancara  ini Bupati Kabupaten Kulon Progo Drs.H.Sutedjo, menjelaskan tentang program Kulon Progo Bebas Asap Rokok. Kebijakan ini telah di ambil dan kebijakan ini bukan hanya secara fungsional saja tapi semua sehingga legal formal nya kebijakan ini sudah ditetapkan dengan Perda nomor 5 tahun 2014 tentang kawasan tanpa asap rokok. Oleh karena itu kami mempunyai kewajiban untuk mengamalkan kebijakan tersebut. Dan dari warga sendiri sudah banyak peningkatan mengamalkan kebijakan ini sendiri.

“Sebenarnya Perda ini bukan melarang orang untuk merokok tapi hanya mengatur ada tempat-tempat yang orang tidak boleh merokok seperti rumah sakit, tempat ibadah, kantor-kantor dan sebagainya yang mana di tempat yang seharusnya tidak boleh orang merokok karena kita melindungi masyarakat dari bahaya asap rokok,” kata Sutedjo

Pemkab Kulon Progo sendiri membuat kampung-kampung bebas asap rokok. Bupati Kulon Progo mengimbau kepada warganya khususnya generasi remaja seperti SMA/K, untuk menghindari merokok di usia dini. Bagi generasi muda Kulon Progo yang sudah merokok akan di beri sosialisai mengenai bahaya rokok bagi kesehatan.

“Bagi masyarakat yang merasa merokok itu sebagai kebutuhan kalau bisa jangan beranggapan bahwa  merokok itu sebagai kebutuhan,” pungkasnya. MC Kulon Progo/Dewi.