BPK Perwakilan DIY Lakukan Pemeriksaan Keuangan Penanganan Covid-19

Wates – Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) Perwakilan DIY melakukan entry meeting secara daring terkait pemeriksaan kepatuhan atas penanganan Covid-19 pada Pemerintah Daerah DIY, Pemerintah Kota Yogyakarta, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman, Bantul, Gunung Kidul dan Kulon Progo. Pemerintah Kabupaten Kulon Progo diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) dan OPD lainnya di Command Room, Diskominfo Kulon Progo. Rabu (21/10/2020)

Perwakilan BPK DIY menyampaikan alasan dilakukan pemeriksaan kepatuhan, yang pertama WHO sudah menyatakan bahwa Covid-19 adalah pandemi yang menyebar di 215 negara, di samping itu Pemerintah Indonesia telah menetapkan bencana Covid-19 sebagai bencana nasional sesuai Kepres Nomor 12 Tahun 2020 pada (13/4) dan bencana ini terjadi secara masif serta menimbulkan korban jiwa, berdampak secara ekonomi maupun sosial.

Berikutnya karena besaran anggaran yang dialokasikan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah serta sumbangan pihak ketiga dalam rangka penanganan Covid-19. Terakhir karena adanya indikasi penyimpangan terkait dengan refocusing dan realokasi APBD dan kegiatan bidang kesehatan, sosial dan ekonomi berdasarkan hasil pemeriksaan pendahuluan.

Tujuan dari pemeriksaan ini di antaranya menilai apakah proses pengadaan barang dan jasa bidang kesehatan, bidang sosial, dan bidang penanganan dampak ekonomi dalam rangka penanganan pandemic Covid-19 sesuai peraturan perundang-undangan dan apakah dilaksanakan sesuai dengan peruntukannya dan diterima pihak yang berhak secara tepat waktu, tepat jumlah, dan tepat kualitas.

Sementara itu, Sekretaris Daerah, Ir. RM Astungkoro, M.Hum mengatakan masih tetap memantau perkembangan dari yang terkena virus covid-19 walaupun di Kulon Progo ini penambahannya signifikan. Dan kemudian kita setiap kamis melakukan pertemuan rutin untuk mengantisipasi penambahan masyarakat yang terkena Covid-19. Protokol kesehatan wajib di laksanakan seperti memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan sebagainya. (MC Kulon Progo/Ervin/widi)