Jelang Monve Badan Publik se-Kulon Progo, Diskominfo Gelar Sosialisasi Bersama PPID Pembantu

Wates - Dalam rangka akan diselenggarakannya, Monitoring dan Evaluasi  (Monev) Badan Publik se- Kabupaten Kulon Progo atau PPID Award 2020 pada November mendatang, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kulon Progo selaku PPID Utama Kabupaten Kulon Progo, melakukan rapat koordinasi (rakor) dan sosialisasi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Pembantu, di ruang rapat Sermo, kompleks Pemkab Kabupaten Kulon Progo. Jumat  (16/10/2020).

Rapat dipimpin oleh kepala bidang Informasi Komunikasi Publik dan Statistik (IKPS) Diskominfo Kulon Progo Bambang Susilo, S.Si, M.Eng dan di hadiri oleh OPD se-Kulon Progo.

Bambang Susilo mengatakan rapat ini diadakan dalam rangka mengoptimalkan fungsi dan peran aktif Badan Publik yang dikelola oleh PPID pembantu di Kabupaten Kulon Progo,

“Perlu diadakan Monitoring dan Evaluasi (Monev) bertujuan untuk mengetahui sejauh mana Badan Publik  sudah berjalan dengan baik atau belum hingga akhir 2020. Serta memberikan sosialisasi tentang kriteria penilaian PPID Award 2020,” ujarnya.

Sementara itu, kepala seksi Pengelolaan Informasi Publik (PIP) Diskominfo Kulon Progo Ir.Heri Budisantosa menjelaskan bahwa Diskominfo kab.Kulon Progo bersama tim dan pihak terkait akan melakukan Monitoring dan Evaluasi (Monev) pada (14/10) sampai (13/11).

“Terdapat empat point kriteria penilaian yaitu Profil dan Dasar Hukum dengan bobot (16 persen), Laporan-laporan (18 persen), Konten website (44 persen), Sarana prasarana / materi visitasi (22 persen). Sasaran monev adalah website dan visitasi setiap OPD untuk mengecek kelengkapannya,” ujarnya.

Lebih lanjut dalam penilaiannya setiap point tersebut terdapat beberapa kriteria dalam penilaian PPID Award  ini, mulai dari profil dan dasar hukum di antaranya Profil Badan Publik (Alamat, No.Telpon, Email)  dan Sejarah/Gambaran Umum. Setelah itu ada Lapora-Laporan di antaranya Nama Program dan Kegiatan dan Penanggungjawab, Pelaksana Program dan Kegiatan. Selanjutnya ada konten Website diantaranya SK Tim Pengelola Website, SK PPID, SK PLID, Agenda Kegiatan Pimpinan, Maklumat  Layanan Informasi, Daftar Informasi Publik (DIP). Dan yang terakhir ada Sarana Prasarana di antaranya ruang khusus, ruang tunggu, Meja Layanan dilengkapi dengan Akrilik bertuliskan “Layanan Informasi dan Aduan”.

Selain itu, jadwal visitasi ke PPID Pembantu yang masuk 10 besar akan diberitahukan terlebih dahulu sesuai jadwal yang sudah direncanakan pada (5/11) sampai dengan (13/11). Untuk Badan Publik yang masuk dalam 10 besar, selanjutnya akan diambil 5 besar untuk kategori Setwan/Setda/Badan/Dinas dan 5 besar untuk kategori Kapanewon. 

“Harapannya pada kegiatan PPID Award Kabupaten Kulon Progo ini agar peserta yang mengikuti dan pelaksana dapat menjadi lebih informatif untuk saat ini dan kedepannya,” pungkas Heri Budisantosa. (MC Kulon Progo/Widi/Dewi)