Dukung UMKM dan Pariwisata, Menkominfo Beri Bantuan Akses Internet di Pagerharjo Kulon Progo

Samigaluh – Dalam rangka mendukung kegiatan pariwisata dan ekonomi masyarakat berbasis wisata, di Kalurahan Pagerharjo, Kapanewon Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo menerima dukungan infrastruktur telekomunikasi berupa internet dari Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kominfo). Jumat (16/10/2020).

Menteri Kominfo, Johnny G.Plate mengatakan bahwa Kabupaten Kulon Progo merupakan tempat potensial yang bisa mendukung Departemen Penyelenggaraan Sistem Pembayaran (DPSP) wisata di Borobudur, terutama di kawasan perbukitan Menoreh.

"Saat ini pula, telah muncul berbagai giat ekonomi berbasis wisata seperti kafe, desa wisata, dan homestay, yang umumnya berwujud usaha kecil, mikro, dan menengah (UMKM) di Kawasan ini. Kekuatan ekonomi yang demikian, perlu untuk terus kita dukung dan dorong agar dapat tetap bertahan serta terus berkembang selama masa pandemi ini,” ujar Johnny

Dalam kegiatan ini, Menkominfo memberikan bantuan akses internet untuk Kelurahan Pagerharjo, lembaga pendidikan Yayasan Pangudi Luhur di Gejlik di Kalibawang, serta Pondok Pesantren Al-Falah di Dusun Nyalian, Ngargosari.

Sementara itu, Direktur Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI), Anang Latif menjelaskan bahwa kunjungan Menteri Kominfo kali ini selain meninjau kebutuhan akses telekomunikasi, juga meninjau dan memetakan lebih lanjut kebutuhan akses internet di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

DIY secara geografis masih menyimpan daerah-daerah yang sulit terjangkau oleh sinyal. Diantaranya SD Pangudi Luhur Gejlik yang terletak di pedalaman dan dataran tinggi Menoreh, tepatnya di Kelurahan Banjarasri serta Pesantren Al-Falah di Kelurahan Ngargosari, Samigaluh, Kulon Progo.

"Kedua lokasi tersebut kita bantu layanan akses internetnya, agar jangkauan telekomunikasi, terutama di fasilitas publik, dapat semakin dirasakan oleh masyarakat setempat,” ujar Anang.

Selain itu, Bupati Kulon Progo Drs. H. Sutedjo turut mengatakan bahwa pembangunan jalur Bedah Menoreh dimaksudkan untuk menumbuhkan ekonomi dan pariwisata di daerah ini. Untuk itu, diharapkan Kemenkominfo memberikan bantuan lagi kedepannya bagi wilayah yang masih “blank spot” khususnya di Kabupaten Kulon Progo wilayah utara.

"Wilayah Bukit Menoreh banyak titik blank spot, di sisi lain kami menggalakan bedah ekonomi dan bedah wisata, serta bedah kebudayaan. Untuk itu, kami berharap Kemenkominfo melalui BAKTI, kembali memberikan bantuan terhadap wilayah di Kulon Progo yang masih blank spot," pungkas Sutedjo. (MC Kulon Progo/Hary/Erika)