Sosialisasi Konsep Gayeng Regeng Blonjo Bareng (GRBB) Oleh BAKOR PKP

Wates - Badan Koordinasi Paguyuban Kulon Progo (BAKOR PKP) melakukan sosialisasi konsep dari Gayeng Regeng Blonjo Bareng (GRBB). Kegiatan yang dilaksanakan di RM Bebek Brontak, Tawangsari, Kokap ini turut dihadiri oleh Panewu Kokap dan Lurah setempat Kamis (8/10/2020).

Di masa pandemi Covid-19 ini, BAKOR PKP mencari sebuah solusi terutama dalam meningkatkan atau menggerakkan produk ekonomi masyarakat yang terkendala karena pandemi, BAKOR PKP mencoba menciptakan sebuah tradisi mengkoordinir warga perantauan yang berasal dari Kulon Progo untuk belanja bareng ke Kulon Progo yaitu dengan kegiatan Gayeng Regeng Blonjo Bareng (GRBB).

Tujuan dari sosialisasi ini adalah menyampaikan program Gayeng Regeng Blonjo Bareng (GRBB) kepada setiap kapanewon, harapannya kegiatan ini dapat didukung oleh seluruh elemen masyarakat di seluruh wilayah agar nantinya hasil yang diperoleh maksimal.

Sekretaris umum BAKOR PKP, Agus Triantara menyampaikan bahwa dengan adanya Gayeng Regeng Blonjo Bareng ini masyarakat industri dan petani Kulon Progo tidak sulit lagi mencari pasar. Hikmah dari kegiatan blonjo bareng ini adalah memperluas pasar, dimana ribuan warga Kulon Progo yang berada di Jabodetabek dapat menjadi pasar yang strategis.

“Dengan adanya kegiatan ini, antara Jakarta dan Wates itu sudah tidak ada penghalang lagi bagi petani dan UMKM kulon Progo sudah tidak bingung bagaimana menjual produknya ke Jakarta.” ungkap Agus

BAKOR PKP memiliki inisiatif kemudian melimpahkan kepada CV.Cakrawala sebagai EO untuk menjalankan bisnis ini secara professional. Untuk menghimpun prduk-produk yang dipasarkan, CV.Cakrawala bermitra dengan UMKM, Koperasi dan pelaku-pelaku bisnis yang ada di Kulon Progo sehingga mereka yang akan menjadi supplier. Ketika barang sudah terkumpul di Pengasih kemudian di angkut dengan truk sampai Jakarta dan langsung di distribusikan dengan mobil atau motor.

“Harapannya di setiap tanggal 15 setiap Kalurahan mengusulkan lima nama warga potensial yang longgar pikire, longgar atine, longgar duite untuk menjadi pelanggan Gayeng Regeng Blonjo Bareng.” Tambah Agus. (MC Kulon Progo/Widi/Ervin)