Forum PPID Kulon Progo Lakukan, Evaluasi dan Tindaklanjut Kegiatan Monev PPID

Wates - Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Drs. Rudiyanto, M.M dan Kepala Bidang Informasi Komunikasi Publik  dan Statistik  (IKPS) Bambang Susilo, S.Si, M.Eng., memimpin kegiatan rapat koordinasi (Rakor) forum Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) yang dihadiri oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Kulon Progo di ruang Rapat Sermo, kompleks Pemkab Kulon Progo. Senin (05/20/2020).

Dalam rangka menindaklanjuti dan mengevaluasi terkait dengan kegiatan penilaian Monitoring dan Evaluasi (Monev) PPID dari Komisi Informasi Daerah (KID) DIY tahun 2020. Dimana, proses penilaian sudah dimulai sejak Juni dan saat ini sudah memasuki tahap ketiga yaitu uji akses.

Kabid IKPS Bambang Susilo mengatakan adanya pandemi Covid-19, uji akses yang dilakukan oleh KID DIY  tidak langsung mendatangi ke masing-masing PPID pembantu dalam tes atau uji mendapatkan data maupun informasi, namun KID DIY meminta data informasi dengan mengirimkan pertanyaan atau permintaan informasi data melalui email masing-masing PPID pembantu.

“Pada minggu yang lalu kami mendapatkan Whatsapp dari KID DIY bahwa di PPID pembantu terkait uji akses itu masih ada PPID pembantu yang belum merespon atau memberikan tanggapan.” ungkap Bambang.

Setelah mencari informasi ke masing-masing PPID dan ke KID DIY, masih ada beberapa PPID pembantu yang belum menerima email, sehingga tetap diminta untuk memeriksa kembali apakah betul belum menerima atau belum dibuka. Selain itu juga masih ada yang belum mengirimkan balasan. Dari hasil klarifikasi Dinas Kominfo bahwa dari 42 PPID utama maupun pembantu, yang sudah mengirimkan balasan ada 31 PPID.

Ia khawatir ada beberapa trouble di email terkait banyak yang email sudah dibalas, kemudian dari OPD sudah ada notice bahwa sudah terkirim namun di email KID belum masuk.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Kulon Progo Rudiyatno mengatakan  rakor ini, diharapkan dapat menyelesaikan masalah tersebut. Karena dari balasan OPD banyak yang tidak bisa terkirim, alternatif yang di tempuh adalah mengirim ulang namun tidak melalui email resmi PPID pembantu melainkan melalui gmail atau email pribadi, hal tersebut sudah di konfirmasi ke KID DIY dan diperbolehkan.

“Berkaitan dengan tahapan Monev, kita informasikan kembali untuk Monev tahun yang lalu dari 12 penghargaan yang ada kita dapat 8. Artinya Kulon Progo ternyata juga bisa mendominasi dalam perolehan penghargaan yang pada saat itu diserahkan oleh Wakil Gubernur DIY,” ungkap Rudiyanto.

Beliau berharap pada tahun ini juga bisa melakukan hal yang sama artinya sebagian besar penghargaan bisa diperoleh. (MC Kulon Progo/Ervin, Dewi, Erika, Qornin).