Gaungkan Imbauan Pencegahan Covid-19 Berlanjut di Kapanewon Kalibawang

Pemkab Kulon Progo melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) terus menggaungkan imbauan pencegahan Covid-19 dengan siaran keliling. Sejumlah titik kumpul masyarakat seperti pasar dan objek wisata menjadi sasaran kegiatan. Sasaran siaran keliling kali ini di Kalurahan Dekso dan Banjar, Kapanewon Kalibawang. Rabu (09/09/2020).

Bupati Kulon Progo, Surtedjo menegaskan, protokol kesehatan memakai masker, mencuci tangan, dan jaga jarak tetap harus diterapkan. Selain itu untuk mengurangi penyebaran Covid-19 di Kulon Progo, ia menghimbau kepada masyarakat mengurangi aktivitas atau kegiatan diluar ruang jika tidak ada keperluan atau kepentingan mendesak. 

“Mari patuhi protokol kesehatan, mari kita cegah Covid-19 bersama-sama, bahwa penerapan protokol kesehatan harus menjadi bagian dari kebiasaan masyarakat,” ujarnya.

Kampanye dengan siaran keliling dilakukan dengan transportasi mobil dan menyuarakan pengeras suara dengan melalui rute pertama yaitu pasar Dekso yang merupakan pusat dari perbelanjaan tradisional di Kapaneon Kalibawang, kemudian dilanjutkan di wilayah tempat wisata embung Tonogoro yang berlokasi di Kalurahan Banjarayo.

Sementara itu, Salah satu pedagang di wisata Embung Tonorogo Rudiyanti mengatakan ia tetap harus berjualan di tengah pandemi karena untuk memncukupi kebutuhan hidup.

“Terkadang ramai terkadang sepi, disini juga kalau masuk wisata nya tidak bayar, rata-rata yang datang berasal dari magelang, orang-orang  disini juga lebih suka bermain layangan di wisata ini, disini kami juga berusaha menerapkan protokol kesehatan supaya wisata ini tetap kembali ramai”, ujarnya

Melalui Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Kulon Progo berharap bahwa nantinya kampanye siaran keliling terkait penerapan protokol kesehatan dalam rangka Adabtasi Kebiasaan Baru ini dapat berjalan dengan baik, sehingga masyarakat dapat beraktivitas seperti biasa dan penyebaran Covid-19 dapat segera terhentikan khususnya wilayah kulon Progo. MC Kulon Progo/Aldy/Siwi.