Ragam Peringatan Hari Kemerdekaan di Kulon Progo

Wates – Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan RI Ke-75 dilakukan di Istana Merdeka, Jakarta tersambung secara virtual melalui zoom di beberapa wilayah, termasuk Kulon Progo. Upacara virtual ini dilakukan oleh Wakil Bupati Kulon Progo, Fajar Gegana bersama perwakilan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) serta Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinas Kominfo), Drs. Rudiyatno, M.M di Command Room, Pemkab Kulon Progo, Senin, (17/8/2020).

Sementara itu, Bupati Kulon Progo Drs.H. Sutedjo bersama Kodim 0731/Kulon Progo bersama dan Polres Kulon Progo melakukan detik-detik proklamasi dengan membunyikan sirine di depan Rumah Dinas Bupati, Alun-Alun Wates, Kulon Progo, Senin, (17/8). Kegiatan ini merupakan serangkaian acara dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan RI Ke-75 Tahun di Kulon Progo yang diikuti Sat Kodim, Kepolisian Kulon Progo dan Bupati Kulon Progo, Drs H Sutedjo tentunya dengan memperhatikan protokol kesehatan.

Seluruh masyarakat yang berada di Alun-Alun Wates diminta untuk menghentikan aktivitas sejenak dan berdiri tegak sikap sempurna yang diawali dengan membunyikan sirine. Hal tersebut guna memperingati dan menghormati detik-detik proklamasi. Bupati Kulon Progo Sutedjo mengatakan detik-detik proklamasi ini dapat menumbuhkan rasa kebangsaan dan nasionalisme bagi masyarakat Indonesia.

 ”Kami berharap semuanya merasakan itu sehingga ada rasa nasionalisme atau kebangsaan yang kuat di dada kita, tapi kalo kita melakukan itu tanpa punya rasa apa-apa tidak ada gemuruh di dada ini berarti kita belum merasakan bahwa sesungguhnya detik-detik 75 tahun yang lalu diraih dengan segala pengorbanan.” MC Kulon Progo/Lia/Aldy/Retri/Dhofin.