Dua Varietas Padi Sukses Dipanen Dan Dikembangkan Di Kulon Progo

Dinas Pertanian dan Pangan Kulon Progo menggelar acara wiwitan dan panen padi varietas Inpari IR Nutizinc dan varietas Inpari 44 Agritan Tahun 2020, di Bulak KT Sideman Makmur dan KT Kedungrejo, Giripeni, Wates, Kabupaten Kulon Progo. Selasa (14/7/2020). Acara ini bertujuan dengan memberikan manfaat yang lebih besar, utamanya peningkatan kesejahteraan para petani khususnya, serta masyarakat Kulon Progo pada umumnya.

Bupati Kulon Progo Drs. H. Sutedjo mengucapkan terimakasih kepada KT Sideman Makmur dan KT Kedungrejo Giripeni, Wates, beserta semua unsur. Pada Haketatnya kegiatan ini merupakan percontohan penerapan teknologi untuk peningkatan produksi padi dan diharapkan dapat diadopsi oleh petani dalam budidaya padi untuk musim tanam selanjutnya. Di Kabupaten Kulon Progo ini sudah ada 12 Kapanewon yang menanam jenis padi Varietas Inpari IR Nutri Zinc.

Varietas Inpari IR Nutri Zinc merupakan produk baru yang mempunyai kandungan Zinc tinggi dibandingkan varietas padi lainnya, sehingga dapat berperan dalam rangka penurunan kasus stunting di Kabupaten Kulon Progo. “Semoga usaha tani yang dilakukan kelompok tani selalu sukses dan lebih maju lagi, sehingga dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan petani disini,” ujarnya. 

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kulon Progo Ir. Muh. Aris Nugroho, MMA, mengatakan KT Sideman Makmur dan KT Kedungrejo telah berhasil memanen dan mengembangkan dua varietas padi tersebut, kegiatan ini untuk meningkatkan kesejahteraan para petani.  

“Melalui Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Balitbangtan DIY, para KT telah melaksanakan kegiatan Demfarm Teknologi Budidaya Jajar Legowo Super di Kabupaten Kulon Progo khusunya di KT Sideman Makmur dan KT Kedungrejo Giripeni Wates, serta mampu memberikan peningkatan produktifitas padi,” ujar Aris.

Badan Litbang Pertanian menyeleksi padi-padi yang punya potensi produksi tinggi dan kedua punya potensi ada nilai-nilai fungsional, salah satunya overitas Varietas Inpari IR Nutri Zinc bahwa punya mineral mikro zinc. Zinc ini bermanfaat untuk metabolisme dan nanti akan membantu meningkatkan fungsi tubuh dalam konteks pertumbuhan, sehingga harapannya program penurunkan atau menghilangkan stunting di suatu wilayah dengan pendekatan konsumsi harinnya khususnya beras yang mengandung zinc akan memberikan asupan mineral mikro. MC Kulon Progo/dhea/hr.