Pemkab Kulon Progo Meyarankan Pemotongan Hewan Kurban Dilakukan Di RPH-R

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kulon Progo mengeluarkan surat edaran bupati Nomor 451/1919 tentang ketentuan pemotongan hewan kurban Hari Raya Iduladha 1441 H/2020 M dalam situasi bencana Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Senin (29/6). Surat edaran tersebut merujuk surat edaran Direktorat Jendral Peternakan dan Kesehatan Hewan Pertanian Nomor 0008/SE/PK.320/06/2020. Pelaksanaan kegiatan kurban dalam situasi wabah bencana non alam Covid-19.

Hal ini, pemkab Kulon Progo menyarankan masyarakat Kulon Progo agar dalam pemotongan hewan kurban di Rumah Pemotongan Hewan Ruminansia (RPH-R). Bagi masyarakat yang melakukan penyembelihan hewan kurban diluar RPH-R harus mendapatkan izin dari Dinas Pertanian dan Pangan.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Ir. Muh. Aris Nugroho, MMA mengatakan  surat pertimbangan ini menjadi jaminan untuk pemotongan hewan kurban (halaman masjid, mushala, dan ruang terbuka ) bebas dari penyebaran Covid-19. “Jika tidak memiliki surat pertimbangan, lokasi akan kami survei, namun jika lokasi sudah sesuai memenuhi protokol kesehatan, akan kami berikan suarat rekomendasi, jika belum akan kami minta diperbaiki fasilitasnya.” Ujar jelas Aris.

Lebih lanjut, masayarakat yang menginginkan surat pertimbangan tersebut masyarakat dapat melakukan permohonan melalui online dan manual. Untuk permohonan online dapat mengakses melalui website http://taniku.kulonprogokab.go.id/ atau datang langsung ke  pusat kesehatan hewan (Puskeswan) sesuai domisili pemohon.

Aris Nugroho  menambahkan pada intinya semua harus memenuhi unsur protokol pencegahan Covid-19, mulai dari Tempat penjualan dan pembelian, serta RPH-R.

Sementara itu, Bupati Sutedjo merekomendasikan masayarakat untuk melakukan pemotongan hewan kurban di RPH-R. selain itu, jika masayarakat tidak bisa menyebelih di RPH-R karena lokasi jarak yang jauh, masih diperbolehkan namun tetap mengikuti panduan pemotongan hewan kurban pada masa pandemi yang dikeluarkan oleh pemerintah serta memperhatikan aturan yang dikeluarkan dari kementerian pertanian. MC Kulon Progo