SLI Dompet Dhuafa Ajak Guru dan Siswa Tingkatkan Budaya Literasi Saat Pandemi

Dompet Dhuafa melalui Program Sekolah Literasi Indonesia (SLI) melakukan audiensi dengan Bupati Kulon Progo, Drs. H. Sutedjo di Ruang Rapat Bupati Kulon Progo. Jumat (10/07/2020). Acara yang juga dihadiri oleh Asisten Daerah I Kulon Progo, Kementrian Agama Kulon Progo, OPD terkait, Pimpinaan Cabang Dompet Dhuafa Yogyakarta, Bambang Prasetyo, serta Konsultan Relawan SLI, Irpa Sopiana Ramdani dan Wahyu Widiawati, bertujuan untuk memperkenalkan program SLI sebagai gerakan literasi di Kulon Progo.

Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Yogyakarta, Bambang Prasetyo menyampaikan SLI merupakan salah satu program dari Dompet Dhuafa bersinergi dengan Dinas Pendidikan. Dompet Dhuafa mendampingi sebanyak 10 sekolah di Kulon Progo. Kegiatan SLI sendiri telah berjalan selama 8 bulan di mulai pada bulan November, yang terdiri dari 1 bulan rekuitmen, 3 bulan bimbingan atau pembinaan, 3 bulan dilakukan bimbingan Work From Home (WFH), dan 1 bulan kembali berinteraksi dengan kepala sekolah dan guru model.

“SLI adalah salah satu program kami di bidang pendidikan. Kami bekerjasama dengan Dinas Pendidikan sebagai bentuk gerakan literasi untuk meningkatkan kemampuan literasi baik dari guru maupun siswa agar lebih terarah” tandasnya.

Bambang juga berharap meskipun dalam keadaan pandemi Covid-19 gerakan literasi harus tetap berjalan agar budaya literasi semakin meningkat.

“Meski dalam keadaan pandemi, semoga gerakan literasi tetap berjalan dan budaya literasi semakin meningkat dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19 seperti memakai masker dan berjaga jarak. Mendatang Dompet Dhuafa akan mengadakan Konferensi Nasional yaitu Presentasi Paparan Dompet Dhuafa melalui media Zoom yang dihadiri oleh Bupati Kulon Progo pada 16 Juli 2020 pukul 08.00-11.30 WIB,” kata Bambang.

Bupati Kulon Progo, Drs. H. Sutedjo menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya kepada semua pihak karena melalui Program SLI sudah ada 10 Sekolah di Kulon Progo yang ikut bergabung.

“Terimakasih kami sampaikan kepada semua pihak, kegiatan ini telah memberikan manfaat bagi proses pembelajaran di sekolah dan semoga direncanakan berhasil dengan baik,” ujarnya.