Keluarga Besar Dinas Kominfo Kulon Progo Gelar Syawalan Secara Virtual

Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Kulon Progo melakukan halal bi halal dengan seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Karyawan di lingkungan Diskominfo Kulon Progo secara virtual melalui aplikasi Zoom meeting.

Acara tersebut sebagai sarana saling memaafkan antara pegawai Dinas Kominfo Kabupaten Kulon Progo pada moment Idulfitri 1441 Hijriah di tengah pandemi COVID-19. Senin (26/5/2020).

Rangkaian acara meliputi pembacaan ikrar syawalan oleh Sekretaris Diskominfo dilanjutkan arahan dari Kepala Diskominfo Kulon Progo, di akhir acara di tutup dengan doa.

Kepala Diskominfo, Drs.Rudiyatno, M.M mengatakan bahwa halal bi halal dalam konteks syawalan ini perlu dilakukan karena untuk membersihan hati dan menghapuskan kesalahan yang satu dengan yang lain, serta saling mengikhlaskan itu adalah satu hal yang paling penting.

“Syawalan ini harus dilaksanakan walaupun dilakukan secara virtual,” ujarnya.

Rudiyatno menambahkan dalam pelaksanaan syawalan kali ini secara virtual ini, sebagai langkah melaksanakan kebijakan yang diterpakan oleh pemerintah yakni physical distancing.  

Selain itu, syawalan virtual ini dapat terwujud karena Diskominfo sejalan dengan kebijakan Pemkab Kulon Progo dalam program smartcity. serta membangun perangkat-perangkat untuk memudahkan komunikasi satu dengan yang lain.

"Ini ibarat gayung bersambut, jadi antara kita punya kebijakan itu, kemudian ada kebijakan pemerintah tentang physical distancing sehingga kita bisa fungsikan perangkat tersebut dengan baik," pungkasnya.  MC Kulon Progo/hr/ds