Dinkes Kulon Progo Gelar Rapit Test Covid-19 Perdana di Sejumlah Pasar Dan Swalayan

Dinas Kesehatan Kabupaten Kulon Progo, menggelar rapid test COVID-19 dengan sasaran pedagang pasar dan pegawai toko swalayan, rapid test masal selektif diikuti 500 orang, berlangsung selama dua hari yakni Selasa (19/5) dan Rabu (20/5), Rapid test COVID-19 dilakukan untuk memastikan kesehatan pedagang, pengunjung pasar, pegawai maupun pengunjung toko swalayan. Undangan bagi warga yang ingin melakukan Rapid Test pun dibagi menjadi dua sesi, yakni pertama pukul 08.00 - 09.00 WIB dan kedua pada pukul 10.30 - 11.30 WIB.

Rapid test kali ini lebih difokuskan pada lima lokasi berbeda yakni Puskesmas Wates, Puskemas Sentolo 2, Puskesmas Pengasih 1 dibantu Puskemas Pengasih 2, Labkesda Dinkes Kabupten Kulon Progo dan Pasar Wates.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kulon Progo, dr.Sri Budi Utami mengatakan, pemeriksaan rapid test akan dilakukan selama dua hari yakni Selasa dan Rabu. Untuk pelaksaanya dilakukan secara terbatas hanya 500 warga, khususnya pedagang dan karyawan swalayan dan random sampling dari pengunjung atau pembeli. 

dr.Sri Budi Utami, M.Kes menambahkan total ada tiga pasar tradisional yang akan dilakukan pengetesan yakni di Pasar Wates, Pasar Bendungan, Pasar Sentolo. Sedangkan terdapat empat lainnya yang merupakan Toko Swalayan besar di Kulon Progo di antaranya Toko Sidoagung, Toko HW, Toko WS dan Toko Busana Bu Madyo.
"Pemilihan beberapa tempat tersebut bukan apa-apa karena memang pengunjungnya banyak jadi kita mengambil dari sisi risiko penularannya yang cukup besar," katanya. 

Jika nantinya terdapat pedagang maupun masyarakat yang hasil rapidtestnya reaktif, mereka akan dikirim ke RSUD Wates untuk menjalani Swab. Setelah itu mereka bisa melakukan isolasi mandiri hingga hasil swapnya keluar. Jika nantinya hasil Swab positif, akan segera dilakukan perawatan di RSUD Wates.

Diharapkan dalam proses skrining tersebut, kejujuran akan menjadi kunci keberhasilan Rapid test masal yang akan dilaksanakan. Harapannya tidak ada warga yang reaktif. MC Kulon Progo/allbbrs/hrj/kmps/