BPNT Januari 2020, Mulai Disalurkan ke 23 E-Warung Di Kulon Progo.

Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos PPPA) Kab.Kulon Progo menggelar Launching Penyaluran Bantuan Sosial Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) APBD Tahun 2020 dan Jogja Heboh, di Elektronik Warung Gotong Royong (E-Warong) Berkah Jaya Kepek, Pengasih, Jumat, (13/3/2020). Penyaluran bantuan tersebut melalui 23 e-warong yang tersebar di 12 Kapanewon se-Kulon Progo. Penyaluran tahap pertama untuk jatah bulan Januari telah dimulai dari tanggal 13 Maret.

Kepala Dinsos PPPA Drs.Y.Irianto M.Si, menuturkan pada 2020 untuk target dana bantuan sosial, penerimanya sebanyak 4.680 orang, dengan realisasi tahap pertama sebanyak 3.887 penerima yang tersebar di 12 Kapanewon se-Kulon Progo.

“Penyaluran BPNT untuk Januari dimulai 13 Maret, E-warong bisa disebut sebagai agen bank, pedagang atau pihak lain yang telah bekerja sama dengan bank penyalur dan ditentukan sebagai tempat pencairan, penukaran, pembelian bahan pangan oleh Keluarga Penerima Manfaat (KPM),” jelasnya.

Sejalan dengan kebijakan pemerintah bahawa kelompok usaha bersama (kube) beranggotaan kepala keluarga (kk)  miskin yang diberdayakan untuk meningkatkan pendapatan. Kegiatan ini melibatkan Dinas Kelautan, Dinas Pertanian dan Dinas Koprasi UMKM.

Sementara itu,  Bupati Kulon Progo, Drs.H.Sutedjo mengatakan dengan adanya e-warong yang ada di Kulon Progo diharapkan dapat memudahkan masyarakat dalam pemenuhan kebutuhan. Menurutnya pembentukan e-warong sendiri harus sesuai dengan tujuan awal dibentuknya e –warong itu sendiri, yaitu secara khusus diluncurkan untuk mencegah distribusi bantuan pemerintah yang tidak tepat kualitas, tidak tepat kuantitas dan tidak tepat sasaran.

“Semoga apa yang sudah dilakukan oleh pemerintah ini mendapat dukungan dari berbagai pihak dan seluruh bantuan yang diserahkan benar-benar tepat dan dibutuhkan,” ujarnya.

Sutedjo menambahkan program E-waron menjadi strategi pemerintah, agar terhindar dari bentuk-bentuk penyelewengan bantuan.

Dijelaskan lebih lanjut Direktur Utama (Dirut) Bank BPD DIY Santoso Rohmad, Bank BPD DIY sangat mensuport e-warung melalui manajemen pengelolaan keuangan, dengan menggunakan teknologi barcode untuk menyalurkan bantuan nontunai tersebut. Dengan konsep tersebut dapat mengurangi kemiskinan di Kulon Progo.

Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) adalah bantuan sosial pangan dalam bentuk non tunai dari pemerintah yang diberikan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) setiap bulannya melalui mekanisme akun elektronik yang digunakan hanya untuk membeli bahan pangan di pedagang bahan pangan/e-warong yang bekerjasama dengan bank. MC Kulon Progo/allsum, foto by: ragam Kulon Progo.