Masyarakat Kulon Progo Dihimbau Tidak Perlu Panik Dan Khawatir Hadapi Virus Corona

Melalui Seksi Hubungan Masyarakat (Humas), Diskominfo Kulon Progo bekerjasama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kulon Progo menggelar jumpa pers terkait  kesiapan kabupaten Kulon Progo menghadapi masuknya virus Corona (COVID-19). Berlangsung di Aula dr.Susilo A, lat 2, Dinkes Kulon Progo. Rabu (4/3/2020). 

Menghadirkan dua narasumber dari Dinkes Kulon Progo, plt.Kepala Dinkes Kulon Progo dr. Sri Budi Utami, M.Kes., dan Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit drg. Th. Baning Rahayujati, M.Kes. 

Plt.Kepala Dinkes Kulon Progo Sri Budi Utami mengatakan terkait dalam menghadapi virus Corona Dinkes Kulon Progo sudah melakukan langkah – langkah dan segala sesuatu untuk mengedukasi masyarakat diantaranya melalui sosialisasi di masyarakat, mulai dari gejala, cara penularan pencegahan, menurutnya sosialisasi ini harus lengkap dan benar agar masyarakat tidak panik. Langkah selanjutnya yang sudah kita tempuh adalah dengan menyiapkan seluruh fasilitas kesehatan di Kabupaten Kulon Progo.

“Kesiapsiagaan ini di seluruh fasilitas kesehatan mulai dari 21 Puskesmas, klinik Pratama, selanjutnya pada fasilitas kesehatan tingkat selanjutnya ada dua rumah sakit pemerintah dan tujuh rumah sakit swasta, kesiapan tidak hanya sebatas fasilitas kesehatan saja melainkan mulai dari SDM, sarana, obat, alur atau prosedurnya,” jelasnya.

Sri Budi Utami menghimbau kepada masyarakat jika ada salah satu tetangga, keluarga siapapun yang pulang dari luar negeri, agar melaporkan kepada Dinas melalui Puskesmas sehingga mendapat pemantauan. Membiasakan hidup sehat menjadi hal penting untuk mencegah penularan virus Corona, seperti gerakan masyarakat hidup sehat dan rajin mencuci tangan dengan sabun.

Selain itu, Dinkes Kulon Progo terus mengintensifkan dan mengoptimalkan komunikasi dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), Dinkes seKabupaten/Kota di DIY. Ia menghimbu kepada masayrakat agar tidak panik namun tetap meningkatkan kewaspadaan.

Sementara itu, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Th. Baning Rahayujati menambahkan, sejak virus Corona ditetapkan, kita sudah mengirimkan surat edaran tentang kesiapsiagaan kepada semua pelayanan kesehatan di Kulon Progo. Selain itu juga mengedarkan buku panduan dari Kementerian Kesehatan untuk semua layanan.

“Kami juga melatih petugas kesehatan, dokter di puskesmas terkait cara pencegahan, pengendalian infeksi dan penanganan corona yang diterapkan di semua puskesmas dan wajib dilakukan,” ujar Baning.

Dinkes Kulon Progo berharap dengan sosialisasi ini media dapat membantu untuk menyebar luaskan informasi dengan benar, sehingga masyarakat tidak perlu panik atau khawatir. Terkait penyebaran, pencegahan, atau ciri terkena virus Corona.  MC Kulon Progo/hry