Implementasikan Smart City Diskominfo Kulon Progo Lakukan Uji Coba Teleconfrenc Dengan Kalurahan.

Melalui Bidang Aplikasi Informatika (Aptika) Dinas Kominfo Kulon Progo menggelar uji coba Teleconference dengan Pemerintah Desa (Kalurahan) di Kabupaten Kulon Progo. Uji coba dilakukan antara Dinas Kominfo dengan Kalurahan Karangsari, Kapanewon Pengasih, dalam rangka mengintegrasikan Smart City serta uji coba perangkat telekom grand. Acara tersebut berlangsung di Command room, Diskominfo Kulon Progo. Selasa (3/3/2020). Dihadiri perwakilan seluruh Kapanewon se-Kulon Progo.

Kepala Bidang Aptika, Sutarman, S.STP., M.Eng mengatakan kegiatan ini pada intinya adalah uji coba teleconfrence dengan Pemerintah Desa Karangsari, dengan menggundang seluruh Kapanewon. Uji coba dilakukan untuk mendukung Smart City di Kulon Progo tujuannya agar Provinsi, Kabupaten kemudian Kapanewon sampai dengan Kalurahan itu tersinergi.

“Jadi untuk bandwitch internet yang menyediakan dari Provinsi, kemudian dari Kabupaten dari sisi kebijakannya dan Kalurahan yang menyediakan perangkatnya tentu Diskominfo yang akan membimbing secara teknis, untuk kita uji beberapa perangkat yang sudah di adakan di tahun ini,” jelas Sutarman.

Sutarman menambahkan pada tahap uji coba perangkat milik Kalurahan  Karangsari ini berjalan lancar, Kedepan penggunaan telekonfrence itu untuk rapat koordinasi. Misalnya saat  rapat dengan Pemkab nantinya para panewu tidak perlu datang ke Pemkab, namun cukup ke kantornya masing - masing, kemudian kalau melibatkan Kalurahan tidak perlu datang ke Diskominfo atau ke Pemkab tapi ke kantor masing - masing.

“Sehingga kedepan untuk rakor atau bimtek, pelatihan ke pada UMKM dapat dilakukan di satu tempat atu lokasi, dengan narasumber dari satu tempat atau di Diskominfo, tujuannya agar seluruh Kalurahan bisa mengakses lebih cepat distribusi transfer knowledge dibandingkan nanti datang secara fisik ke kabupaten atau kecamatan,” pungkasnya.

Sementara, salah satu panewu Kalibawang Heri Darmawan, A.P, M.M mengatakan kegiatan ini merupakan bagian dari implementasi Smart City Kulon Progo guna peningkatan layanan dan kesejahteraan masyarakat.

“Kami sampaikan apresiasi kegiatan telekonfrece ini, karena akan memberikan banyak manfaat terutama kemudahan, serta efisien untuk komunikasi, terutama bagi wilayah atau Kalurahan yang cukup jauh,” ujar Heri.

Heri Darmawan menambahkan harapan kami segera diwujudkan untuk semua Kalurahan  di Kulon Progo.  “Saya kira perlu dukungan semua pihak agar fasilitas ini benar - benar bermanfaat dalam jangka panajang dan tidak muspro, untuk itu perlu kesiapan infrastruktur ITnya, Sumber Daya Manusia (SDM), regulasi, maintenance dan sosialisasi,” tegas Heri.

Pada tahun ini, ada beberapa perangkat yang sudah diadakan untuk mendukung koneksi internet seperti accses point, wifi public. Nantinya untuk pegawai, perangkat kalurahan dan PNS untuk jaringan tidak perlu login lagi agar layanan untuk aparatur itu dapat tersentral dan terintegrasi di Diskominfo untuk datanya. Kemudian untuk masyarakat nantinya juga tersedia wifi public yang bisa diakses dengan mudah tentunya tidak berbayar dan tidak pakai password. Sedangkan pada layanan tersebut dapat bersinergi dengan menggembangkan Sistem Informasi Desa (SID) sehingga masyarakat dengan mudah mendapatkan layanan di Kalurahan. Dengan adanya layanan tersebut dapat mendorong Smart City dan mewujudkan Smart Village.. MC Kulon Progo/hry