Perdami dan PT.SidoMuncul Gelar Operasi Katarak dan Bibir Sumbing Gratis Di Kulon Progo

Program gratis operasi katarak dan bibir sumbing oleh PT.SidoMuncul, tahun ini menggandeng Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Nyi Ageng Serang (NAS), rencananya program operasi katarak gratis tersebut akan diberikan kepada 2000 orang. di Rumah Sakit NAS, Kapanewon Sentolo, Kamis (27/02/2020).

Peresmian tersebut dihadiri oleh Bupati Kulon Progo, Direktur Sido Muncul, Alumni Fakultas Kedokteran UGM Angkatan 1983 dan Persatuan Dokter Spesialis Mata Indonesia (Perdami)
Direktur PT SidoMuncul, Irwan Hidayat menjelaskan bahwa perusahaanya ingin membantu lebih banyak kepada masyarakat. Maka program operasi gratis ini adalah salah satu cara untuk dapat mewujudkan keinginanya.

“Kami menargetkan 4000 operasi katarak gratis bisa terbatu dengan adanya program ini, selain itu kami telah bekerja sama dengan berbagai pihak untuk memabantu masyrakat,” kata Irwan.

Selain itu, mantan Menteri Kesehatan Prof. Dr. dr. Nila F. Moeloek., SpOG(k) menjelaskan bahwa penyakit katarak adalah penyakit yang menyerang setiap lansia, dan gambaranya anggap saja katarak itu adalah sebuah lubang yang menutup lensa mata kita, sehingga kita tidak bisa melihat dengan jelas bahkan bisa mengalami kebutaan.

“Namun karena kemajuan teknologi, kita lebih terbantu mengobati penyakit katarak dengan adanya lensa buatan” jelas Nila

Semoga saja acara bakti sosial seperti ini bisa diagendakan kembali, karena dengan seperti ini kita bisa mengembalikan apa yang kita kuasai kepada masyarakat.

Sementara, Bupati Kulon Progo, Drs. H. Sutedjo mengapresiasi kegiatan ini karena sangat strategis terhadap kesehatan masyarakat di Kulon Progo, artinya membantu kesehatan masyarakat,

“Kami berharap agar kesempatan ini benar-benar digunakan atau dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat yang kebetulan mengalami atau menderita katarak atau bibir sumbing,” ungkap Sutedjo.

Pada kesempatan ini juga dilaksanakan penandatanganan MoU antara Persatuan Dokter Spesialis Mata Indonesia (PERDAMI) dengan PT SidoMuncul, sekaligus peresmian Gedung Ruang Perawatan Jiwa, Ruang Maternal dan Ruang Perawatan Dewasa.

Sutedjo menambahkan dengan telah selesainya pembangunan gedung baru tersebut, RSUD Nyi Ageng Serang akan semakin lengkap fasilitas kesehatannya, sehingga diharapkan akan semakin dekat dengan masyarakat. “Sehingga mampu melayani kebutuhan kesehatan masyarakat, semakin berkembang, dan semakin lengkap alat medis maupun SDM Kesehatannya, sehingga pelayanan maupun operasionalnya semakin baik,” pungkas Sutedjo.

Dengan kegiatan ini masyarakat yang membutuhkan, sangat diuntungkan sehingga meningkatkan derajat kualitas kesehatan di Kulon Progo, kehadiran Nyi Ageng Serang di Kapanewon Sentolo ini memberikan solusi terbaik bagi masyarakat Kulon Progo untuk berobat dan membutuhkan perawatan. MC Kulon Progo/Luk/hry.