Sosialisasi Pergub Tentang Jaga Warga Libatkan OPD Di Kulon Progo

Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kulon Progo mengadakan sosialisasi Peraturan Gubernur (Pergub) DIY Nomor 6 Tahun 2019 Tentang Jaga Warga. Acara tersebut berlangsung di Jogjo TP Angkringan, Pengasih, Kulon Progo, Senin (24/2/2020).

Dalam acara tersebut dihadiri oleh Tenaga Ahli Program Jaga Warga Pemda DIY, Perwakilan Kesbangpol DIY, Kepala Badan Kesbangpol Kulon Progo beserta jajarannya dan OPD Kulon Progo.

Seperti halnya yang disampaikan oleh Kepala Badan Kesbangpol Kulon Progo, Budi Hartono, S.Si., M.Si mengatakan perihal jaga adalah sekumpulan orang yang memiliki kesamaan aspirasi dalam upaya menumbuhkan nilai luhur yang hidup atau yang ada di masyarakat dalam rangka mewujudkan keistimewaan dengan penguatan persatuan dan kesatuan.

“Jaga warga memiliki tujuan antara lain ketahanan, keamanan, ketertiban umum, ketentraman, dan kesejahteraan masyarakat.” ucap Budi.

Adapun jaga warga berwenang mendorong upaya penegakan tata tertib kehidupan sosial yang disepakati warga masyarakat, berkoordinasi dan berkomunikasi dengan aparat pemerintahan yang berwenang dalam rangka mendorong dan memperkuat pelaksanaan pembangunan daerah yang berbasis keistimewaan, dan mediasi dan fasilitasi dalam upaya menyelesaikan masalah sosial.

Sementara itu Tenaga Ahli Program Jaga Warga Pemda DIY, Anyoko Priyatno, S.H., M.M mengatakan keberadaan jaga warga adalah menjadi hal yang utama sesuai untuk mewujudkan fungsi keterlindungan.

“Pemda harus mendorong proses jaga warga ini untuk kepentingan bersama bukan hanya untuk keistimewaan semata.” tegas Anyoko.

Harapannya dengan sosialisasi Pergub tersebut mengenai jaga warga dapat berjalan dengan baik dengan sinergitas dari beberapa elemen masyarakat terutama ASN yang terlibat di dalam jaga warga bisa mengoptimalkan dengan baik. MC Kulon Progo/Tcw/Luk.